80 Kendaraan Diputar Balik di Posko Penyekatan PPKM Darurat Blitar-Malang

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 04 Jul 2021 22:17 WIB
penyekatan di blitar
Foto: Erliana Riady
Blitar -

Sebanyak 80 kendaraan diputar balik di posko penyekatan PPKM Darurat Polres Blitar. Pelaku perjalanan yang diputar balik ini tidak bisa menunjukkan dokumen persyaratan sesuai Inmendagri nomor 15 tahun 2021.

Posko penyekatan kali ini didirikan Polres Blitar tepat di depan SPBU Selorejo. Lokasi ini berbeda dengan pos penyekatan Operasi Ketupat yang didirikan di Terminal Lahor yang bersinergi dengan Polres Malang.

"Kami dirikan di SPBU Selorejo supaya lebih selektif membatasi mobilitas warga luar yang akan masuk wilayah Blitar. Jadi yang kami periksa kendaraan dari arah Malang yang akan masuk Blitar," kata Kasat Lantas Polres Blitar AKP I Putu Angga Feriyana kepada detikcom, Minggu (4/7/2021).

Operasi penyekatan mulai digelar personel Polres Blitar mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB. Adapun jumlah kendaraan yang diperiksa total berjumlah 144 unit. Dengan rincian, sepeda motor sebanyak 60, mobil pribadi sebanyak 48, mobil penumpang 30 dan bus antar kota sebanyak 6 unit.

"Dari 144 kendaraan itu, kami putar balik 80. Karena mereka tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksinasi atau hasil rapid antigen maupun PCR negatif. Selain itu mereka juga tidak membawa SIKM," ungkapnya.

80 kendaraan yang diputar balik itu, imbuhnya, terdiri atas 35 sepeda motor, mobil penumpang 26 dan mobil barang sebanyak 19. Malam ini, penyekatan untuk membatasi mobilitas warga di perbatasan Blitar-Malang akan kembali digelar.

Angga menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Puskesmas Kesamben untuk menggelar tes rapid antigen bagi pelaku perjalanan. Tes ini acak dilakukan, bagi pelaku perjalanan yang tidak bisa menunjukkan dokumen syarat perjalanan selama PPKM Darurat berlaku antar wilayah aglomerasi.

"Kabupaten Blitar ditarget melakukan testing sebanyak 2502 per hari. Tapi karena wilayah hukumnya ada juga di Polresta Blitar, maka akan kami bagi," pungkasnya.

(iwd/iwd)