Wagub Emil Apresiasi Gercep TNI-Polri Gelar Apel Pasukan PPKM Darurat

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 15:15 WIB
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak
Wagub Jatim apel pasukan di Makodam V/Brawijaya (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Wagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri pelaksanaan Apel Gelar Pasukan guna persiapan pelaksanaan PPKM Darurat di Lapangan Makodam V Brawijaya, Jumat (2/7/2021) pagi. Emil menjelaskan, bahwa poin penting pelaksanaan PPKM Darurat adalah persatuan.

"Kita sudah punya pengalaman di PSBB, ada juga di operasi yustisi. Kata kuncinya adalah sinergi. Persatuan dalam seluruh lini. Meskipun dalam pelaksanaannya PSBB dan operasi yustisi ada yang berhasil serta ada pula yang dijadikan evaluasi," kata Emil dalam keterangannya.

Emil menjelaskan ada sekitar 2.000 pasukan dari TNI-Polri untuk membantu PPKM darurat. Ia juga mengajak masyarakat untuk mendoakan, agar pasukan TNI dan Polri diberi kesehatan dalam menjalankan tugasnya.

"Pasukan yang berjumlah 2.000 lebih ini akan membantu PPKM Darurat dan kita mendoakan beliau-beliau agar sehat dan selamat selama bertugas," katanya.

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, pihaknya mengapresiasi atas gerak cepat jajaran TNI dan Polri untuk bersama-sama memerangi COVID-19.

Baca juga: Mal Tutup Saat PPKM Darurat, Pengusaha: Pemerintah Siap Beri Bansos Gak?

"Terima kasih banyak gerak cepat dari Kodam sinergi dan pengerahan pasukan yang dilakukan sejak awal pandemi hingga saat ini," ungkapnya.

Sementara, Panglima Kodam V Brawijaya Suharyanto berpesan kepada seluruh pasukan yang diterjunkan agar membantu upaya penerapan protokol kesehatan secara ketat dan membantu proses tracing.

"Mereka nantinya akan ditempatkan ke daerah level asasmen 3 dan 4. Di mana perbedaan levelnya menunjukkan tingginya penyebaran kasus. Menurut arahan Pangdam V Brawijaya, pasukan akan disebar ke 27 wilayah Level 3 dan 11 wilayah level 4," pungkasnya.

Dalam gelaran apel ini, merupakan bentuk sinergitas dan komitmen bersama antara TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk menekan angka persebaran dan kasus aktif COVID-19 di Jatim.

(fat/fat)