Round-Up

Menunggu Matang Buah Nangka Mirip Durian yang Bikin Heboh

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 09:21 WIB
Pohon Nangka Tumbuh Buah Durian
Pohon nangka yang buahnya mirip durian di Ponorogo/Foto file: Charolin Pebrianti
Surabaya -

Ada buah nangka mirip durian di Ponorogo. Saat ini, pemilik pohon nangka dan warga yang penasaran menunggu buah yang bikin heboh ini matang.

Pohon nangka ini berada di Desa Purwosari, Kecamatan Babadan. Buah nangka mirip durian ini sempat direkam pemilik pohon, Marjuki. Dia ingin menunjukkan ke masyarakat bahwa ada buah durian di pohon nangka miliknya. Video berdurasi 29 detik itu pun beredar.

Video itu menunjukkan adanya buah mirip durian di antara buah nangka. Saat ini, pohon nangka milik Marjuki sedang berbuah banyak. Sekilas, pohon ini terlihat seperti pohon nangka pada umumnya. Namun saat didekati, ada satu buah nangka yang bentuknya mirip durian.

Buah nangka mirip durian ini tampak mencolok di antara puluhan buah nangka lainnya. Bentuk durinya pun tajam layaknya buah durian.

Salah seorang warga yang penasaran, Wahyudi mengaku menyempatkan diri datang untuk melihat kebenaran buah durian di pohon nangka. "Saya tahu dari video yang tersebar di HP, mau lihat benar atau tidaknya," tutur Wahyudi kepada detikcom, Kamis (1/7/2021).

Pohon Nangka Berbuah DurianPemilik pohon nangka, Marjuki/ Foto: Charolin Pebrianti

Baca juga: Geger Pohon Nangka Berbuah Mirip Durian di Ponorogo

Wahyudi yang merupakan warga Mlilir, Madiun sengaja mengajak putrinya yang penasaran ingin melihat pohon nangka unik itu. Awalnya dia mengira pohon ini di-stek sehingga muncul buah durian.

"Ternyata saya lihat asli, bukan stek-an," papar Wahyudi.

Sementara pemilik pohon nangka, Marjuki mengatakan, awalnya pada Minggu (27/6) dia bersih-bersih di lantai 2 rumahnya. Saat itu dia melihat ada satu buah yang bentuknya mirip durian. Padahal pohon miliknya itu pohon nangka.

"Akhirnya saya suruh anak buah saya itu buat ambil video, benar nggak itu durian apa bukan. Ternyata benar," tutur Marjuki kepada detikcom.

Marjuki menambahkan, pohon nangka ini tumbuh secara alami sejak belasan tahun lalu di lahan miliknya. Oleh keluarganya, buah nangka hasil panennya tidak pernah dijual.

Baca juga: Cerita Pemilik Pohon soal Buah Nangka Mirip Durian di Ponorogo

"Saya sering kasih ke orang-orang, kadang ke pondok juga se-karung buat disayur," terang Marjuki.

Menurut Marjuki, adanya buah nangka mirip durian ini baru pertama kali terjadi. Dia pun merasa kaget dan heran.

"Ini namanya bukti kebesaran Allah," imbuh Marjuki.

Marjuki pun bertekad tidak akan menjual buah nangka mirip durian itu. Dia akan menjaga buah itu hingga matang.

"Tidak akan saya jual, mau saya tunggu sampai matang," terang Marjuki.

Lihat juga video 'Penampakan Daun Pisang Warna Putih, Disebut Mirip Kain Kafan':

[Gambas:Video 20detik]