Ini Upaya Pemilik Pohon Agar Buah Nangka Mirip Durian Tak Diambil Orang

Charolin Pebrianti - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 14:58 WIB
Pohon Nangka Tumbuh Buah Durian
Pohon nangka yang buahnya mirip durian di Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo -

Pohon nangka milik Marjuki di Desa Purwosari, Kecamatan Babadan, Ponorogo menjadi perhatian warga. Lalu apa yang ia lakukan agar buah nangka mirip durian itu tak diambil orang.

Yang pertama, Marjuki mewanti-wanti warga agar tak memetik buah nangka mirip durian miliknya. "Boleh lihat, bebas. Tapi jangan dipetik," pesan Marjuki kepada warga, Kamis (1/7/2021).

Pantauan detikcom, pohon nangka yang berada di depan rumah Marjuki itu menjadi perhatian warga. Banyak warga yang penasaran dan ingin melihat langsung buah nangka mirip durian itu.

Pohon Nangka Tumbuh Buah Durianbuah nangka mirip durian/ Foto: Charolin Pebrianti

Agar memudahkan warga, Marjuki pun memberi penunjuk dengan menempelkan kertas bertuliskan 'Subhanallah Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya. Pohon nangka berbuah durian benar adanya'.

"Dulu ada galah di depan rumah buat ngambil, sekarang saya sembunyikan. Biar tidak diambil orang," terang Marjuki.

Menurut Marjuki, buah nangka yang lain boleh diminta warga. Tapi tidak untuk satu buah nangka mirip durian itu.

"Biasanya banyak yang minta ke sini pengen sayur nangka, saya kasih ke tetangga. Tapi sekarang saya ambilkan, kalau mau. Nanti saya petikan," tambah Marjuki.

Untuk mengamankan buah nangka mirip durian itu, Marjuki mengaku tidak punya trik khusus. Sebab, pohon nangka miliknya juga berada di depan rumahnya. Pun selain itu, usaha cuci mobil dan pertamini di depan rumahnya dijaga oleh para karyawan. Sehingga tidak terlalu takut ada pencuri nangka.

"Semoga saja aman, saya serahkan ke Allah," pungkas Marjuki.

(sun/bdh)