Pencarian Penumpang KMP Yunicee Hilang Dibatasi 7 Hari

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 22:02 WIB
Kasi Operasi dan Siaga Bencana Kantor Basarnas SurabayaI Wayan Suyatna
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Pencarian penumpang KMP Yunicee hilang di Selat Bali akan dilakukan selama 7 hari sejak dinyatakan tenggelam. Sementara hingga hari ketiga pencarian, belum ditemukan satu pun korban yang hilang.

"Sesuai UU pencarian selama 7 hari. Semoga bisa ditemukan sebelum itu. Hingga kini 18 orang yang hilang ini masih dicari," ujar Kepala Seksi Operasi dan Siaga Bencana Kantor Basarnas Surabaya I Wayan Suyatna kepada wartawan, Kamis (1/7/2021).

Meski pencarian dibatasi selama 7 hari, menurutnya masih bisa dilakukan perpanjangan pencarian. Bila selama pencarian menunjukkan tanda-tanda yang mengarah terhadap korban hilang.

Baca juga: KNKT Sebut Butuh Waktu 3-12 Bulan Selidiki Penyebab KMP Yunicee Tenggelam

"Ini bisa ditambah (Durasi) bilamana ada tanda-tanda korban ditemukan. Tentu juga mempertimbangkan faktor keselamatan personel yang bertugas," imbuhnya.

Sesuai data milik Basarnas, tercatat sebanyak total 76 orang menjadi korban. Dengan rincian, 51 korban selamat, 7 korban meninggal dan 18 korban belum ditemukan.

Jumlah total 76 tersebut meliputi manifes penumpang KMP Yunicee, seluruh awak kapal dan korban lain yang tidak tercatat ke dalam manifes penumpang.

"Hasilnya berubah, hasil rapat verifikasi dan validasi data bersama didapat jumlah seluruhnya 76 orang korban atas insiden tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali," katanya.