Bangkit dari Corona, Relawan Kompak Bantu Pulihkan Psikolog Pasien RSLI

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 11:58 WIB
pasien COVID-19 di RS Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya
Pasien COVID-19 di RS Lapangan Indrapura (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Semangat bangkit dari Corona terasa di RS Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Sejumlah relawan dari psikolog dan konselor profesional membantu penanganan dan pemulihan psikologi pasien.

Sebelumnya, di RSLI telah ada Relawan Pendamping Pada Program Pendampingan Pasien COVID-19 (PPKPC). Kali ini, ada dukungan dari para psikolog dan konselor profesional yang tergabung dalam Yayasan Kreativitas Membangun Se-Indonesia (YKMS), yang diketuai Soffy Balgies.

YKMS yang bergerak di bidang kemanusiaan dan literasi ini memberi bantuan 11 psikolog dan 2 konselor untuk membantu penanganan psikologis pasien RSLI. Soffy, yang juga dosen di UINSA Surabaya mengatakan kerja sama ini sebagai wujud kontribusi terhadap penanganan COVID-19 khususnya dalam hal psikologi para pasien.

Baca juga: Tokoh Ludruk Surabaya Cak Kartolo Bangkit dari Corona Lewat YouTube

Soffy mengatakan ada program Teman Curhat yang ditujukan kepada pasien RSLI. Pasien akan didampingi para psikolog dan konselor untuk konseling masalah psikologi dan menjadi teman curhat online via WA.

Untuk tahap awal, program ini berlangsung sejak Rabu (30/6) hingga 30 Juli 2021. Relawan menyediakan waktu sehari tiga kali untuk konseling dengan pagi pukul 08.00 hingga 10.00 WIB, siang pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB dan malam pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Relawan psikolog dan konselor yang digalang YKMS ini tak berasal dari Surabaya saja tetapi dari jejaring para profesional dari penjuru tanah air. Seperti Kupang, Riau, Papua," kata Soffy.