Wali Kota Malang Usul PPKM Darurat Berlaku se-Indonesia

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 18:25 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah)/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Wali Kota Malang Sutiaji mengusulkan PPKM darurat berlaku nasional. Jika hanya diterapkan di beberapa daerah, maka dikhawatirkan tak menyelesaikan persoalan.

"Menurut kami sebetulnya sikapnya (PPKM darurat) secara nasional. Tidak sektoral, karena akan memperpanjang masalah di kita," ujar Sutiaji kepada wartawan di Balai Kota Malang Jalan Tugu, Rabu (30/6/2021), sore.

Sutiaji mendukung soal penerapan PPKM darurat wilayah Jawa-Bali yang bakal diberlakukan mulai 3 Juli 2021 nanti. Sutiaji berharap kebijakan yang sama diterapkan di wilayah lain.

"Sekarang PPKM darurat Jawa-Bali selama 14 hari, setelah itu bergiliran di wilayah lain. Kalimantan misalnya, jadi tidak langsung menyeluruh secara nasional," kata Sutiaji.

Menurut Sutiaji, apabila kebijakan hanya bersifat sektoral, maka dikhawatirkan tak menghentikan sebaran virus, karena pergerakan orang dari luar Jawa-Bali.

"Siapa yang menjamin ketika orang luar masuk Jawa-Bali tidak terpapar saat PPKM darurat diberlakukan. Begitu juga hari ke-15 dan seterusnya, makanya perlu menyeluruh," tuturnya.

Sutiaji juga mendorong penerapan PPKM mikro usai PPKM darurat selesai diberlakukan agar ada keberlanjutan pengetatan.

"Setelah PPKM darurat, dilanjut PPKM mikro dikuatkan dan benar-benar ditaati berbasis RT RW dengan penguatan testing, tracing, supaya ada keberlanjutan," tegas Sutiaji.

Bagi Sutiaji, penerapan PPKM darurat melebihi PSBB karena pergerakan orang sangat dibatasi dengan work form home (WFH). Meski demikian, Sutiaji juga menunggu petunjuk pemerintah pusat dalam pemberlakuan PPKM darurat.

"Kami masih menunggu, karena belum ada petunjuk secara khusus kepada kami," pungkas Sutiaji.

Tonton juga Video: Hari Ini Jokowi Finalisasi Skema PPKM Darurat

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)