RSUD Soedarsono Kota Pasuruan Penuh, Pemkot Sewa Hotel

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 22:28 WIB
Lonjakan kasus COVID-19 terjadi hampir di semua daerah. Di Kota Pasuruan, kasus naik mulai pekan kedua Juni 2021.
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)/Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut bed occupancy rate (BOR) di RSUD dr Soedarsono (Purut) sudah 100 persen. Rumah sakit sudah tak bisa lagi menampung pasien COVID-19.

"BOR kita sudah masuk warna hitam. Artinya, sudah mencapai 100 persen, tak bisa menampung pasien," kata Gus Ipul, Selasa (29/6/2021).

Saat ini, Pemkot sedang mencari tempat lain untuk menangani COVID-19. Salah satunya menyewa sebuah hotel.

"Rencananya kami akan menyewa hotel. Sedang proses finalisasi saat ini," terangnya

Gus Ipul mengatakan hotel yang rencananya disewa memiliki 60 kamar. Jumlah itu diharapkan bisa mengatasi over kapasitas di rumah sakit.

"Tapi kami berharap angka COVID-19 di Kota Pasuruan menurun. Kami akan upayakan maksimal untuk menangani kasus COVID-19 ini," jelasnya.

Angka penularan COVID-19 di Kota Pasuruan terus meningkat. Hingga hari ini, satgas mencatat ada 221 kasus COVID-19 aktif.

"Saya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengatasi penyebaran COVID-19 dengan tertib menerapkan protokol kesehatan. Selalu pakai masker, hindari kerumunan, tetap di rumah jika tidak ada keperluan, rajin cuci tangan dan lainnya. Awas, ancaman COVID-19 masih ada," pungkas Gus Ipul. (sun/bdh)