COVID-19 Melonjak, RSU Soetomo Sulap Tempat Parkir Jadi Ruang Perawatan

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 17:56 WIB
rsu dr soetomo
Tempat parkir di RSU dr Soetomo akan diubah jadi ruang isolasi (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Kapasitas bed di RSU dr Soetomo hampir penuh dengan tingkat keterisian hingga 80%. Kini, rumah sakit milik Pemprov Jatim tersebut menyulap tempat parkir menjadi tempat isolasi.

"Benar saat ini masih dalam proses pembangunan. Ini upaya untuk merelaksasi RSUD Soetomo," ujar Dirut RSU dr Soetomo Dr Joni Wahyuhadi saat dikonfirmasi detikcom, Senin (28/6/2021).

Joni mengakui kapasitas bed di RSU dr Soetomo memang hampir penuh. Saat ini, kapasitas di RSU dr Soetomo sebanyak 346 bed dan terisi sekitar 70-80 persen.

"Iya (sudah penuh). Mayoritas dengan gejala sedang-berat (pasien yang dirawat di RSU dr Soetomo)," terang Joni.

Untuk tempat parkir sendiri, Joni menyebut bisa dioptimalkan menjadi tempat perawatan hingga 200 bed. Diharapkannya, dalam 7 hari ke depan sudah bisa dioperasikan.

"Bed-nya bisa menampung 200 pasien. Jadi hanya di parkiran depan saja, dan saat ini pembangunan. Nanti di parkiran yang kita ubah jadi tempat perawatan hanya untuk pasien gejala sedang-berat," kata Joni.

Secara umum, pria yang juga Ketua Satgas Kuratif COVID-19 Jatim ini menyebut kondisi BOR di Jatim terus melonjak. Saat ini, di Jatim ada 12.047 bed isolasi untuk pasien OTG dan telah terisi sebanyak 9.597 pasien. Lalu untuk ICU, ada 1.205 bed di Jatim, dan terisi 922 pasien.

(iwd/iwd)