Nakes Capek Fisik dan Pikiran, Warga Ponorogo Diimbau Taat Prokes

Charolin Pebrianti - detikNews
Minggu, 27 Jun 2021 14:26 WIB
Ponorogo -

Video nakes kelelahan di halaman IGD RSUD dr Harjono Ponorogo beredar. Pihak rumah sakit mengimbau warga untuk semakin taat prokes.

Wakil Direktur Medik RSUD dr Harjono, Enggar Tri Adji mengatakan, saat ini rumah sakit sudah overload pasien COVID-19. Pasien kesulitan mendapatkan ruang perawatan dan para nakes sudah kewalahan melayani para pasien.

"Monggolah dibantu untuk masyarakat, saat ini kondisi RS penuh, kamar susah, tenaganya kecapekan," terang Enggar, Minggu (27/6/2021).

Baca juga: Beredar Video Nakes RSUD Ponorogo Kelelahan di Depan IGD

Menurutnya, para nakes tidak pernah berhenti melayani pasien. Bahkan pada Sabtu (26/6) malam, para nakes menerima pasien baru meski fisik sudah lelah.

"Kemarin malam harus memasukkan pasien, nakes kita capek pikiran dan fisik. Video yang saat ini tersebar kondisi di IGD, hanya menggambarkan biar masyarakat sedikit lebih peduli," imbuh Enggar.

Enggar pun mengimbau masyarakat agar terus menjaga protokol kesehatan. Terutama saat masa pandemi COVID-19.

Baca juga: 6 Pasien COVID-19 Tertahan di IGD RSUD Ponorogo Belum Dapat Bed Isolasi

"Tetap prokes 6M, monggo masyarakat lebih berhati-hati. Pakai masker jangan sampai dilepas, makan bersama atau kumpul-kumpul kalau bisa dihindari," tambah Enggar.

Lima pasien yang tertahan di IGD RSUD dr Harjono Ponorogo positif COVID-19 hasil pemeriksaan swab antigen. Mereka belum mendapat bed isolasi pasien COVID-19 karena penuh.

"Antigen positif untuk memastikan lagi tes PCR, tapi masih besok Senin (28/6)," pungkasnya.

(sun/bdh)