Layanan Vaksin COVID-19 di Bojonegoro Dikemas Drive Thru

Ainur Rofiq - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 19:49 WIB
ayanan Vaksinasi COVID-19 yang dikemas dengan sistem Drive Thru digelar di Bojonegoro.
Foto: Ainur Rofiq
Bojonegoro -

Layanan Vaksinasi COVID-19 yang dikemas dengan sistem Drive Thru digelar di Bojonegoro. Tercatat 4686 orang Bojonegoro telah divaksinasi COVID-19 selama 6 hari di beberapa titik.

Vaksinasi COVID-19 drive thru digelar di halaman Satlantas Polres Bojonegoro, Sabtu (26/6/2021). Kegiatan dipantau langsung oleh Kapolres Bojonegoro AKBP EG Pandia dan didampingi Kasat Lantas AKP Rizal Nugra Wijaya.

Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk percepatan vaksinasi yang digelar oleh polres Bojonegoro bersama tenaga medis. Kegiatan ini digelar selama 6 hari mulai tanggal 21 juni hingga 26 Juni 2021.

Kegiatan ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan pentingnya Vaksinasi bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

"Kegiatan ini merupakan bentuk upaya Polri dalam percepatan Program Vaksinasi Nasional sekaligus memperingati Hari Bhayangkara Ke-75," terang Kapolres Bojonegoro., AKBP Pandia kepada detikcom.

Dalam pelaksanaan kegiatan vaksin Drive Thru, sebanyak 91 orang yang telah memenuhi persyaratan kesehatan serta domisili sesuai KTP Kabupaten Bojonegoro untuk bisa di vaksin.

"Vaksin Drive Thru ini sasarannya adalah masyarakat yang telah selesai melakukan kepengurusan SIM, dengan mekanisme pemeriksaan medis terlebih dahulu apabila memenuhi syarat akan dilanjutkan dengan Vaksinasi" imbuh Pandia.

Sementara itu, hingga sore ini, proses penyuntikan vaksin yang digelar di beberapa tempat umum. Di antaranya di halaman masjid Polres Bojonegoro, Puskesmas di 28 kecamatan, serta salah satu tempat pertokoan perbelanjaan masih terus berlangsung.

" Hingga sore ini secara akumulasi sejak tanggal 21 kemarin, tercatat 4.686 orang Bojonegoro yang telah kita vaksin melalui program vaksin serentak" pungkas Pandia.

Kapolres Bojonegoro juga mengimbau kepada masyarakat bahwa bagi yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19, untuk tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan dengan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Jangan underestimate (Meremehkan) sudah disuntik vaksin Covid-19. Tetap pola hidup sehat dan tetap disiplin protokol kesehatan," pungkasnya.

(fat/fat)