253 Anak Positif COVID-19 di Kota Malang, Terbanyak Usia 0-5 Tahun

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 13:26 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif
Kadinkes Kota Malang dr Husnul Muarif (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Sekitar 253 anak di Kota Malang terpapar virus COVID-19 sejak pandemi Maret 2020. Mereka yang positif COVID-19 terbagi dua kategori umur, pertama balita dan usia 6 sampai 10 tahun.

"Usia 0 sampai 5 tahun, mulai dari awal pandemi sampai 21 Juni 2021 yang terkonfirmasi itu 136 anak. Terus usia 6 sampai 10 tahun yang terkonfirmasi itu 117 anak," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Namun, jelas Husnul, pihaknya mengaku belum mendapat data terkait angka kesembuhan dan kematian anak positif COVID-19 di Kota Malang.

Husnul mengatakan ada beberapa faktor yang mengakibatkan anak-anak di Kota Malang bisa terpapar COVID-19. Yakni, banyaknya interaksi di luar rumah.

Karena di sekolah belum ada yang sepenuhnya tatap muka. Namun, anak-anak tersebut tetap berkegiatan.

"Anak-anak itu terjangkit di mana dia berada. Sekolah belum ada yang tatap muka, tapi kan anak-anak masih mempunyai mobilisasi. Seperti anak-anak yang masih bermain di luar rumah. Bisa jadi penyebabnya seperti itu," beber Husnul.

Dia menduga, anak-anak terinfeksi virus COVID-19 karena mengikuti kegiatan orang tuanya berada dalam kerumunan.

"Anak-anak yang ikut orang tuanya ke pasar, atau pusat-pusat keramaian. Bisa jadi faktor-faktor seperti itu yang biasanya ada pada anak," ungkapnya.

Simak video 'Ini 20 Wilayah Zona Merah Covid-19, Jawa Tengah Terbanyak!':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)