54 Pasien COVID-19 Sembuh dari RSLI, Tapi 45 Orang Siap Dirawat

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 17:13 WIB
Pasien di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI)
RS Lapangan Indrapura (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 54 pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya dinyatakan sembuh. Kini jumlah pasien yang dirawat tinggal 307 orang.

"Tapi ini ada inden 45 orang yang segera masuk. Namun secara umum masih tersedia dan cukup," kata Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 RSLI Radian Jadid kepada detikcom di Surabaya, Rabu (23/6/2021).

Dia menambahkan 54 pasien yang sudah sembuh berasal dari klaster Bangkalan, Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKI hingga pasien umum.

"Hari ini ada pemulangan pasien yang sudah sembuh ada 54 orang. Rinciannya 20 orang PMI, 27 pasien dari Klaster Bangkalan dan 7 pasien umum," tambahnya.

Baca juga: Istri Pasien Varian Delta di Bojonegoro yang Meninggal Komorbid Diabetes-Obesitas

Jadid menambahkan untuk bed occupancy rate (BOR) atau ketersediaan bed masih tersisa cukup banyak. Jadid menyebut jumlah pasien tercatat ada 307 orang, sedangkan kapasitas bed ada 410. Artinya, BOR masih tersisa 103 bed.

Jika ada yang inden 45 orang, jelas dia, itu artinya RSLI tersisa 58 bed. "Secara umum masih tersedia dan cukup," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Jadid menyebut dalam tiga hari ini ada pemulangan pasien atau pasien sembuh cukup banyak.

"Mereka diperbolehkan pulang oleh dokter penanggungjawab pasien karena melihat kondisi klinisnya yang membaik dan hasilnya sudah negatif," pungkasnya.

(hil/fat)