Muncul Klaster Takziah di Kabupaten Pasuruan, 21 Warga Positif Swab Antigen

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 16:32 WIB
Satgas COVID-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Sebanyak 21 orang dinyatakan positif swab antigen.
Swab antigen di Pasuruan/Foto: Istimewa
Pasuruan -

Satgas COVID-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Sebanyak 21 orang dinyatakan positif swab antigen.

"Kami sampaikan bahwa hari ini muncul klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Kasus COVID-19 Klaster Ziarah Naik, Pemkot Pasuruan Sekat 17 Titik

Anang menjelaskan, salah satu warga Desa Dayurejo meninggal dan positif COVID-19 pada Senin (21/6). Selang sehari, beberapa tetangga almarhum mengeluh batuk, pilek dan meriang.

"Mereka datang ke Puskesmas Bulukandang dengan keluhan batuk, pilek dan meriang. Petugas melakukan swab antigen dan hasilnya positif," imbuh Anang.

Baca juga: Klaster Ziarah di Kota Pasuruan Meledak, 53 Warga Positif COVID-19

Dari kejadian itu, Satgas memutuskan swab antigen massal pada warga sekitar, terutama yang ikut takziah. Sebanyak 62 orang di-swab antigen dan 21 di antaranya positif. Sehingga disebut sebagai klaster takziah.

"Hari ini kita lakukan swab PCR pada 21 orang itu. Kita doakan mudah-mudahan besok hasilnya negatif," pungkas Anang.

(sun/bdh)