Jika Surabaya Tunda Pembelajaran Tatap Muka, Belajar Daring Harus Inovatif

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 13:30 WIB
Kadispendik Surabaya Supomo
Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Supomo/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Pembelajaran tatap muka (PTM) yang direncanakan digelar Juli 2021 terancam ditunda di Surabaya. Sebab, kasus COVID-19 terus naik.

Jika demikian, maka Pemkot Surabaya akan berupaya membuat proses belajar daring lebih inovatif sehingga tidak membosankan. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Supomo.

"Dengan kemudian melakukan desain ulang model pembelajaran. Bagaimana kemudian dalam situasi belajar daring tapi anak-anak tidak jenuh dan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Komunikatif dengan menyampaikan materi kepada murid. Sehingga mereka tidak bosan atau jenuh karena situasinya tidak memungkinkan dilakukan tatap muka," jelasnya, Rabu (23/6/2021).

Pihaknya tak mau salah langkah dalam mengambil kebijakan terkait pembelajaran tatap muka. Supomo menekankan, yang menjadi hal utama saat ini adalah keselamatan dari para pelajar, guru, serta pegawai yang ada di sekolah.

"Jadi kita tidak akan gegabah dalam melakukan PTM, apabila kondisi Surabaya tidak memungkinkan. Seperti itulah nanti gambaran singkat tentang dilakukannya PTM," imbuhnya.

Terlepas dari naiknya kasus COVID-19, Supomo juga mengatakan, pada prinsipnya semua sekolah sudah siap untuk memulai pembelajaran tatap muka. Sebab, pihaknya sudah menyiapkan sejak lama.

"Kita, seperti aturan yang sudah ditetapkan jadi kita melihat zona (COVID-19). Saat ini posisi zona Surabaya seperti apa. Kalau nanti zona memungkinkan PTM, ya kita lakukan PTM," papar Supomo.

"Pada prinsipnya semua sekolah sudah siap karena sudah kita siapkan mereka ada simulasi, sehingga kapan pun dilakukan PTM maka kita siap. Termasuk di dalamnya ada persetujuan dari wali murid. Itu menjadi salah satu hal yang utama dalam PTM," pungkasnya.

Simak video 'Awas! 160 Kasus Corona Varian Delta Ada di RI, Ini Persebarannya':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)