Klaster Keluarga Bertambah di Banyuwangi, Ini yang Dilakukan Satgas COVID-19

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 18:13 WIB
Klaster keluarga bertambah di Banyuwangi. Saat ini ada 12 orang yang positif COVID-19 dari klaster keluarga.
Penyemprotan Disinfektan di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Klaster keluarga bertambah di Banyuwangi. Saat ini ada 12 orang yang positif COVID-19 dari klaster keluarga.

Sebelumnya dikabarkan hanya ada 7 orang yang terpapar COVID-19 dalam klaster keluarga. Penambahan di klaster ini terjadi di Kelurahan Kebalenan, Banyuwangi.

Dalam data dari Satgas COVID-19 Banyuwangi, terdapat penambahan 5 orang per Selasa (22/6/2021). Lima orang dalam satu keluarga terpapar COVID-19 setelah melakukan perjalanan ke luar kota.

Baca juga: Banyuwangi Tambah Bed Antisipasi Menggilanya COVID-19

Satgas COVID-19 Kecamatan Banyuwangi, AKP Kusmin mengatakan, saat ini ada 2 klaster keluarga. Sebanyak 7 orang di Kelurahan Sumberejo dan 5 orang berada di Kelurahan Kebalenan.

"Yang terbaru di Kebalenan itu tertular dari Jakarta dan Bandung. Mereka baru saja melakukan perjalanan ke dua kota itu," ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

Lima orang yang terpapar COVID-19 itu, kata Kusmin, saat ini menjalani isolasi mandiri. Petugas satgas kelurahan dan kecamatan juga melakukan pembatasan kegiatan masyarakat di dua perumahan yang warganya terkonfirmasi COVID-19.

"Sekarang isolasi mandiri. Kami melakukan penjagaan agar tidak berkembang ke keluarga atau tetangga lainnya," tambahnya.

Baca juga: Warga Positif Klaster Hajatan di Banyuwangi Tambah Jadi 36, Satu Meninggal

Kusmin menambahkan, untuk mengantisipasi penularan COVID-19, pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan di dua kelurahan tersebut. "Selain pengetatan yang isolasi mandiri, kami juga lakukan penyemprotan disinfektan untuk mengantisipasi penularan COVID-19," tambahnya.

Selain 2 klaster keluarga, Satgas COVID-19 Banyuwangi mencatat ada 5 klaster lain. Di antaranya dua klaster hajatan, satu klaster pondok pesantren, satu klaster ziarah Wali Songo dan satu klaster masjid.

Satgas kecamatan juga mengimbau kepada seluruh warga untuk mematuhi protokol kesehatan. Di antaranya wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Dalam data Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Banyuwangi, hingga kini ada 6.902 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Yang 278 orang masih dirawat, 5.923 dinyatakan sembuh dan 701 meninggal dunia.

(sun/bdh)