Begini Suasana Penyekatan Suramadu Usai Dilempari Petasan Massa

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 16:31 WIB
Selain Lempar Petasan, Massa juga Rusak Pagar Suramadu Hingga Ditembak Gas Air Mata
Situasi pos penyekatan Suramadu usai didatangi massa pelempar petasan (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Sebanyak 100-an massa mendatangi pos penyekatan Jembatan Suramadu subuh tadi. Mereka merusak pagar dan menuju pos penyekatan dan melempari petugas dengan petasan.

Kini, kondisi pos penyekatan sudah kondusif. Pantauan detikcom sejak pukul 11.00 WIB, kondisinya seperti biasanya. Petugas juga sudah membetulkan pagar yang dirusak massa pagi tadi.

Untuk penyekatan dan pelaksanaan swab antigen juga tetap dilaksanakan. Bagi warga yang tidak membawa hasil tes negatif COVID-19 dan surat izin keluar masuk (SIKM) tetap dilakukan swab antigen.

"Diperbaiki pagarnya, langsung tadi pagi. Pagar aja yang rusak. Lainnya ndak, nakes juga aman," kata Komandan Batalion Satpol PP Surabaya, Praseteya kepada detikcom, Selasa (22/6/2021).

Penunjukan SIKM juga tetap dilaksanakan sejak Senin (21/6) kemarin. Bahkan paling banyak menunjukkan saat pagi hari, ketika warga berangkat bekerja.

"Hampir 30% sudah bawa SIKM pagi ini, lebih banyak dari pada kemarin. Tadi pagi yang lebih banyak, soalnya mau kerja. Kalau peduli terhadap diri pasti sadar, kalau yang ga peduli ya elek-elekan," jelasnya.

Untuk petugas yang berjaga di Suramadu juga tidak ada penambahan dan pengurangan. Jumlahnya masih sama. Pengawasan juga lebih diperketat.

"Ketat tetap seperti awal, harapannya masyarakat lebih sadar lagi bahwa kesehatan itu penting," pungkasnya.

(fat/fat)