Tas Makrame, Kerajinan Tangan dari Kota Kediri yang Bernilai Tinggi

Andhika Dwi - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 11:59 WIB
Di Kota Kediri ada kerajinan tas yang tidak mudah dipelajari sehingga hasilnya begitu bernilai. Namanya kerajinan tas makrame.
Tas Makrame/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri -

Di Kota Kediri ada kerajinan tas yang tidak mudah dipelajari sehingga hasilnya bernilai tinggi. Namanya kerajinan tas makrame.

Makrame merupakan seni yang menyatukan simpul beberapa tali atau benang, untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Makrame sebagai ragam hias yang biasa dipakai pada aksesoris busana dan juga barang lain karena bersifat dekoratif.

Kerajinan makrame di Kota Kediri dapat membuahkan berbagai macam karya. Mulai dari tas wanita, makrame kacamata, dasi, hiasan dinding, pot tanaman dan lain sebagainya sesuai yang diinginkan pelanggan.

Seperti yang dilakukan oleh Guzel Makrame, yang terletak di Perumahan Candra Kirana, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Mila (50), pendiri Guzel Makrame mengaku sudah belajar keterampilan ini sejak masih remaja.

Bagi Mila, selain karena ketelitian dan kesabaran, kecintaan terhadap makrame yang membuatnya bertahan hingga saat ini. Karena untuk membuat satu aksesoris busana membutuhkan ketelitian, kesabaran hingga kecintaan yang luar biasa.

"Saya sudah lama belajar dan membuat karya makrame, sejak remaja. Dan ditambah lagi saya mendapat pelajaran dan pengalaman dari kerabat dari luar negeri saat remaja. Untuk membuat suatu hasil karya makrame, membutuhkan kesabaran, ketelitian, ketelatenan luar biasa," ucap Mila, Selasa (22/6/2021).

"Namun saat sudah jadi, kepuasan tiada tanding karena hanya menggunakan keterampilan tangan. Sementara ini penjualannya melalui teman dekat dan justru dari luar negeri banyak yang berminat," imbuhnya.

Mila juga menyampaikan soal sulitnya mencari dan mendapatkan SDM di daerahnya. Ada yang belajar dan mereka bisa, namun karena seni kerajinan tas makrame membutuhkan kesabaran, ketelatenan dan ketelitian, banyak yang menyerah.

Simak juga 'Indahnya Wisata Crop Circle Kediri Buatan Manusia':

[Gambas:Video 20detik]