Usai Didemo, Wali Kota Eri Usulkan Penyekatan Tingkat Desa ke Gubernur

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 19:55 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Wali Kota Eri Cahyadi bertemu Gubernur Khofifah (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Wali Kota Eri Cahyadi bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah di Gedung Negara Grahadi. Pertemuan ini, usai menemui pendemo asal Madura di Balai Kota Surabaya.

Eri mengatakan, pertemuannya dengan Khofifah terkait usulan pendemo soal tes swab antigen dan penyekatan di tingkat desa.

"Sudah saya sampaikan ke bu gubernur, apa yang diinginkan (Demonstran) sebenarnya hampir sama yang diarahkan bu gubernur. Sehingga nanti melakukan pengamanan di daerah hingga tingkat desa, dusun, itu dijaga. Kalau itu sudah berjalan, dan landai, tidak perlu lagi ada penyekatan (di Suramadu)," ujar Eri di Gedung Negara Grahadi, Senin (21/6/2021) sore.

Dia menjelaskan, opsi tersebut baru diusulkan. Nantinya, akan dirapatkan dan yang mengambil keputusan adalah Panglima TNI Kodam V/Brawijaya.

"Nanti akan dirapatkan, akan diambil keputusan dari pak panglima, harus seperti apa. Apakah penyekatan dulu, atau sudah dikuatkan mulai hari ini di tingkat desa. Setelah itu tidak perlu lagi (Penyekatan di Suramadu), karena di Bangkalan sudah bisa kayak Surabaya. Jadi bisa berjalan di masing-masing daerah," bebernya.

Saat menemui pendemo, Eri bercerita ada sejumlah hal yang dia diskusikan. Di antaranya, pendemo minta tes antigen dilakukan di tingkat desa, bukan di jalan utama Suramadu. Mendengar itu, Eri mengaku telah berkomunikasi dengan Bupati Bangkalan R Abdul Latief untuk mengambil kesepakatan bersama.

Setelah ini, Eri ingin memastikan, apakah Pemkab Bangkalan siap melakukan tes swab bagi warganya di setiap desa. Jika hal itu disanggupi, maka di sisi Kota Surabaya tinggal melakukan pengecekan SIKM (Surat Izin Keluar/Masuk).

"Besok kalau siap di setiap desa Bangkalan sudah dilakukan (Penyekatan), tidak perlu lagi, kami di Surabaya (melakukan penyekatan). InsyaAllah nunggu SIKM saja. Di sisi Surabaya ini kan perbantuan dari Bangkalan, kalau di sana sudah dilakukan, ya gak perlu dilakukan di Surabaya," pungkasnya.

Simak juga video 'Tolak Swab, Warga Madura Demo-Terobos Penyekatan di Suramadu':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)