Motor Pintar, Program Gugah Minat Baca Anak di Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 13:33 WIB
Di masa pandemi COVID-19, pelajar tidak bisa belajar di sekolah seperti biasa. Kini ada program menggugah minat baca anak di Bojonegoro.
Motor Pintar Anak Tangguh Semeru/Foto: Ainur Rofiq/detikcom
Bojonegoro -

Di masa pandemi COVID-19, pelajar tidak bisa belajar di sekolah seperti biasa. Kini ada program menggugah minat baca anak di Bojonegoro.

Program tersebut yakni Motor Pintar Anak Tangguh Semeru. Sebuah terobosan yang dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas dan para petugas Dikmas Satlantas.

Program ini bertujuan untuk mendukung pendidikan anak. Moda transportasi yang menyerupai Perpustakaan keliling ini berisi buku paket pelajaran sekolah.

Setiap hari Motor Pintar berkeliling ke pedesaan untuk memberikan layanan informasi dan baca, kepada masyarakat. Khususnya bagi anak-anak yang saat ini tak bisa sekolah seperti biasa karena pandemi COVID-19.

"Ini termasuk peran negara yang menghadirkan buku yang sesuai dengan kebutuhan. Termasuk bagi masyarakat yang tinggal di pelosok. Sejalan dengan tugas Polri Presisi sangat diharapkan untuk memberikan pelayanan prima terhadap publik," ungkap Kapolres Bojonegoro AKBP EG Pandia, Senin (21/6/2021).

Pandia juga menambahkan, pada hari yang penuh berkah ini Polres Bojonegoro me-launching program Motor Pintar. Motor ini mengangkut ratusan buku yang didukung oleh Perpustakaan Nasional dan jaringan pustaka bergerak Indonesia, guna menyajikan bahan bacaan gratis bagi masyarakat di Bojonegoro.

Selain membawa buku, motor itu juga dilengkapi laptop dan modem wifi. "Dengan boks yang dibonceng motor diharapkan para Bhabin bisa dengan mudah berkeliling kampung dan pelosok saat layani para anak-anak belajar," imbuh Pandia.

Dengan membawa jargon Agunge Sikap Tulung Tinulung, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Bhayangkara ke-75 dan mendukung program pemerintah untuk menciptakan generasi yang unggul, meski masih pandemi COVID-19.


"Demi keselamatan bersama, berada di rumah adalah langkah terbaik untuk mencegah penyebaran virus Corona di kalangan anak-anak," imbuh Pandia.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Dandi Suprayitno mengatakan, program ini sangat positif di tengah pandemi COVID-19. Dalam kondisi saat ini, Motor Pintar Anak Tangguh Semeru sebagai pendukung utama kegiatan program wajib belajar. Sehingga menciptakan generasi cerdas yang komprehensif, yaitu produktif dan enerjik.

"Semoga bermanfaat. Membawa Bojonegoro yang produktif dan enerjik," ucap Dandi.

(sun/bdh)