SIKM Diberlakukan di Penyekatan Suramadu, Pekerja Bangkalan-Surabaya Lega

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 11:16 WIB
Syarat surat izin keluar masuk (SIKM) deberlakukan mulai hari ini di penyekatan Suramadu. Pengendara dari Madura hanya perlu menunjukkan SIKM untuk masuk ke Surabaya.
Penyekatan di Suramadu/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Syarat surat izin keluar masuk (SIKM) diberlakukan mulai hari ini di penyekatan Suramadu. Pengendara dari Madura hanya perlu menunjukkan SIKM untuk masuk ke Surabaya.

Pantauan detikcom di penyekatan Suramadu sisi Surabaya, beberapa pengendara dari Bangkalan menunjukkan SIKM. Petugas yang di lapangan juga menanyakan surat yang diurus di kecamatan itu. Jika tidak ada SIKM, maka pengendara bisa menunjukkan bukti negatif COVID-19. Bila tidak ada, pengendara dipersilakan melakukan swab antigen.

"Sudah mulai diberlakukan. Pagi ini sudah ada beberapa yang bawa," kata petugas Linmas yang memeriksa pengendara kepada detikcom, Senin (21/6/2021).

Salah seorang pengendara asal Bangkalan, Suhaimi (35) menunjukkan SIKM kepada petugas. Menurutnya, surat yang berlaku selama 7 hari itu meringankan para pekerja, yang setiap hari PP Bangkalan-Surabaya.

"Agak meringankan beban saya karena setiap hari saya harus pulang pergi dari Madura ke Surabaya. Ini meringankan beban saya nggak perlu di-swab," kata Suhaimi.

Menurut Suhaimi, proses pembuatan SIKM tidak susah. Cukup membawa beberapa persyaratan untuk bisa membuat SIKM.

"Prosesnya kita harus foto kopi, membawa surat keterangan kerja, dan keterangan swab yang hanya berlaku 2 hari, baru bisa diproses. Suratnya berlaku 7 hari. Hari ini juga izin ke perusahaan," jelasnya.

Pendapat senada disampaikan Fitria (19) yang bekerja di ITC Surabaya. Ia merasa terbantu dengan SIKM. Karena ia setiap hari PP Bangkalan-Surabaya. Ia tak perlu dua hari sekali swab antigen.

"Sangat membantu. Memudahkan nggak merepotkan. Ngurusnya nggak susah, asal hasil rapid test dan surat keterangan dari perusahaan. Karena PP sangat membantu, selama ini swab. Ini berlaku 7 hari, jadi 7 hari ga swab. Swab-nya gratis di-sana," pungkasnya.

(sun/bdh)