Penyekatan di Suramadu Dilonggarkan Mulai Besok, Cukup Tunjukkan SIKM

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 22:48 WIB
Penyekatan di Suramadu sisi Surabaya terus dilakukan. Pengendara roda dua diperiksa dan dites swab di lokasi.
Penyekatan di Suramadu (Foto: tim detikcom)
Surabaya -

Penyekatan di Suramadu dan Penyeberangan Ujung-Kamal dilonggarkan mulai besok, Senin (21/6). Warga Bangkalan yang masuk ke Surabaya hanya perlu menunjukkan surat izin keluar masuk (SIKM).

"Iya (benar)," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Bangkalan Agus Zein kepada detikcom, Minggu (20/6/2021).

Dalam rilis yang dilihat detikcom, kebijakan SIKM itu dibuat berdasarkan hasil rapat koordinasi antara Forkopimda Provinsi Jawa Timur bersama Forkopimda Kabupaten Bangkalan yang diselenggarakan pada Hari Sabtu (19/6/2021) di rest area BPWS Bangkalan tentang Evaluasi Pelaksanaan Penyekatan di akses Suramadu maupun Pelabuhan Kamal.

Demi kelancaran aktivitas warga masyarakat serta menghindari penumpukan akibat penyekatan, ada tujuh poin yang menjadi hasil rapat koordinasi. Yakni,

Pertama, terhitung mulai hari Senin (21/6) seluruh warga yang akan melintasi Suramadu maupun Pelabuhan Kamal akan diberlakukan Surat izin Keluar Masuk (SIKM).

Kedua, SIKM diutamakan bagi warga yang setiap hari pulang-pergi Bangkalan-Surabaya seperti penjual sayur-mayur, buruh, pekerja informal, karyawan, dan pegawai swasta atau pegawai pemerintah.

Ketiga, SIKM dikeluarkan oleh kantor kecamatan sesuai wilayah tempat tinggal pemohon dan berlaku selama 7 (tujuh) hari sejak tanggal dikeluarkan.

Keempat, syarat mendapatkan SIKM adalah melampirkan hasil negative tes antigen dan melampirkan surat keterangan dari instansi tempat bekerja dan/atau surat keterangan lain yang sesuai dengan aktivitasnya dari pihak terkait.

Kelima, pelayanan tes antigen dilaksanakan oleh RSUD Syarifah Ambami dan Puskesmas se-Kabupaten Bangkalan setiap hari kerja mulai Pukul 09.00-12.00 WIB tanpa biaya atau gratis.

Keenam, bagi pelintas yang tidak mengurus SIKM tetap mengikuti proses penyekatan melalui tes antigen.

Ketujuh, penjelasan lebih lanjut bisa diperoleh di kantor kecamatan.

Simak juga 'Kondisi Penyekatan Suramadu Usai Dirusak Ratusan Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)