Pemkab Bangkalan Bakal Sediakan Swab Antigen Gratis di Setiap Puskesmas

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 21:30 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Bangkalan
Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron dan Wali Kota Eri Cahyadi/Foto: Esti Widiyana
Bangkalan -

Kasus COVID-19 di Bangkalan terus bertambah. Pemkab Bangkalan akan menyediakan swab antigen gratis di setiap Puskesmas.

Itu seperti yang disampaikan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron. "Kami Pemkab Bangkalan menyediakan tes swab di masing-masing Puskesmas. Di tiap kecamatan ada tenaga yang melakukan swab. Tes secara gratis syaratnya hanya KTP warga Bangkalan," ujarnya di penyekatan Suramadu sisi Surabaya, Jumat (18/6/2021).

Kebijakan itu diterapkan menyusul adanya aksi perusakan yang dilakukan warga Madura di penyekatan Suramadu sisi Surabaya. Kericuhan yang terjadi dini hari tadi merusak sejumlah fasilitas testing. Seperti meja, kursi, hingga berkas-berkas swab antigen.

Aksi perusakan itu diduga terjadi karena warga terburu-buru saat terjadi antrean di penyekatan Suramadu sisi Surabaya. Maka dari itu, Pemkab Bangkalan menyediakan swab antigen gratis di setiap Puskesmas. Harapannya, warga sudah memiliki surat bebas COVID-19 saat melewati pos penyekatan. Sehingga tidak terjadi antrean.

"Jadi tidak harus periksa di penyekatan. Oleh karena itu, kami imbau pada masyarakat untuk tetap disiplin. Karena tidak lain inilah untuk menjaga keselamatan baik itu Surabaya, Bangkalan maupun Madura Raya pada umumnya," jelasnya.

Latif mengatakan, kebijakan itu juga untuk memastikan seluruh warga yang akan keluar dari Bangkalan dalam keadaan sehat. "Supaya tercipta herd immunity. Tes swab antigen sendiri, menurut Bu Gubernur, berlaku selama 2 hari. Kalau swab PCR 3 hari," tutupnya.

(sun/bdh)