Puluhan Bonek Diamankan Gegara Langgar Prokes Saat Rayakan Ultah Persebaya

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 10:12 WIB
Surabaya -

Puluhan bonek dan bonita diamankan polisi saat merayakan ulang tahun Persebaya dengan turun ke jalan tadi malam. Mereka diamankan karena selain melanggar protokol kesehatan juga mencoba melawan saat akan dibubarkan.

"Iya benar, ada 90 orang. 2 perempuan dan 90 laki-laki," terang Kasubag Humas Polrestabes Surabaya AKP M Faqih saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (18/6/2021).

Menurut Faqih, meski diamankan, namun mereka tidak akan ditahan, tapi hanya dilakukan tes swab. Sebab polisi akan melimpahkan mereka ke pihak Satpol PP untuk penanganan selanjutnya.

"Kami tes swab. Nanti kalau ada positif sesuai aturan kami isolasi ke rumah sakit. Tapi kita berdoa saja semoga tidak ada yang positif," tutur Faqih.

"Tindakan selanjutnya nanti kami serahkan ke Satpol PP. Ya nanti akan ditilang karena tadi malam ini tidak ada memakai masker semuanya," imbuhnya.

Faqih melanjutkan, para bonek bonita itu diarahkan ke Satpol PP karena melanggar protokol kesehatan. Namun saat akan dibubarkan, mereka malah mencoba melawan petugas.

"Diamanan karena berkerumun, bergerombol disarankan kembali tapi gak mau. Ya seperti itu (melawan)," tandas Faqih.

Sebelumnya, Persebaya ultah pada Jumat (18/6). Bonek memenuhi jalan menuju Stadion Tambaksari untuk merayakan ultah tim kesayangan. Namun saat akan dibubarkan bonek melawan dan sempat terjadi kericuhan.

(fat/fat)