Kasus Aktif-Kematian COVID-19 Kota Pasuruan Melonjak Dampak Libur Lebaran

Muhajir Arifin - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 08:00 WIB
Kasus COVID-19 Kota Pasuruan Naik hingga Kembali Oranye
Data COVID-19 di Kota Pasuruan (Foto: Tangkapan Layar)
Pasuruan -

Kasus COVID-19 Kota Pasuruan naik signifikan. Kenaikan ini merupakan dampak libur lebaran. Meski demikian belum ditemukan varian B1617.2 atau varian delta. Tracing dan testing pun ditingkatkan.

"Ada peningkatan dampak liburan Lebaran ya. Kematian juga naik. Semua daerah kan ada peningkatan karena liburan. Banyak yang kembali ke zona oranye, Kota Pasuruan juga," kata Jubir Satgas COVID-19 Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat, Jumat (18/6/2021).

Menurut Kokoh, meski kasus naik, keterisian kamar rumah sakit masih aman. Kapasitas rumah karantina juga banyak.

"BOR masih aman, tempat karantina juga masih aman. Tempatnya karantina banyak," jelas pria yang juga Kepala Dinas Infokom ini.

Atas peningkatan kasus ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran polisi dan TNI untuk penguatan PPKM Mikro.

"Banyak daerah kasusnya naik. Makanya mendagri kan meminta kepala daerah menjaga wilayah saat masa liburan. Membatasi orang mobilitas orang," tandasnya.

Kasus aktif COVID-19 Kota Pasuruan naik beberapa hari terakhir. Mulai 4 kasus, menjadi 8 kasus dan kemarin ada 10 kasus aktif atau positif COVID-19. Sementara total kasus COVID-19 di Kota Pasuruan hingga Rabu (16/6) mencapai 1639. 1456 sembuh, 173 meninggal dan 10 dalam perawatan.

Tonton video 'Grafik Lonjakan Kasus Corona di Jakarta Per 6-17 Juni':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)