Banjir Genangi Empat Desa di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 16:40 WIB
Banjir Genangi Empat Desa di Banyuwangi
Banjir di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Empat desa di Kecamatan Muncar Banyuwangi terendam banjir. Banjir terjadi karena intensitas hujan tinggi. Rata-rata banjir menggenangi rumah warga 50-100 cm. Prajurit TNI AD yang terlibat dalam TMMD 111 di Banyuwangi pun terlibat dalam pembersihan lokasi banjir.

Banjir merendam 4 desa yakni Desa Kedungrejo, Desa Wringinputih, Desa Kedungringin dan Desa Sumberberas, Kamis (17/6/2021). Banjir terjadi sejak dinihari hingga sekitar pukul 10.00 WIB. Warga pun melakukan pembersihan lokasi banjir yang menggenang selama hampir 6 jam.

Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan, 4 desa tersebut saat ini dalam kondisi aman. Meski, beberapa jam sempat tergenang banjir.

"Ada 4 desa di Kecamatan Muncar yang tergenang banjir. Tapi saat ini sudah aman," ujarnya kepada detikcom.

Banjir di Banyuwangi ini terjadi karena luapan sungai di beberapa lokasi di wilayah 4 desa tersebut.

"Karena luapan sungai juga. Kalau data yang diterima kaki itu di Desa Kedungrejo sekitar 80 cm, Desa Wringinpitu 50 cm, Desa Kedungringin 80 sentimeter dan Sumberberas mencapai 1 meter," tambahnya.

Kejadian tersebut, Dandim meminta kepada prajurit TNI AD yang terlibat dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) untuk membantu warga yang tertimpa musibah banjir. Pihaknya juga mengirimkan bantuan untuk para warga terdampak.

"Kita berikan nasi bungkus. Saat ini belum kita buat dapur umum. Saat ini prajurit TNI AD melakukan pembersihan," tandasnya.

Sementara banjir akibat intensitas hujan yang tinggi juga membuat los pasar tergenang.

"Hujan deras mulai pukul 21.00 WIB, rumah saya dekat pasar terendam. Pasar tradisional Sumberayu sampai terendam setinggi lutut orang dewasa," ujar Sofyan, warga Pasar Sumberayu.

Sofyan mengatakan, hujan terus mengguyur hingga pukul 05.00 WIB. Sementara luapan air sudah menggenangi rumahnya sejak pukul 00.00 WIB. Sejumlah rumah warga juga terendam banjir.

"Sekarang saya masih sibuk bersih-bersih rumah. Sekarang pedagang juga pindah di pinggir jalan yang tidak terendam banjir," katanya.

Belum ada laporan dari Pusdalops BPBD Kabupaten Banyuwangi terkait peristiwa banjir di Muncar.

(fat/fat)