4 Orang Kontak Erat Pasien COVID-19 Varian India Diisolasi di RSUD Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 17:24 WIB
RSUD Sosodoro Djatikusumo Bojonegoro
RSUD Bojonegoro (Foto: Ainur Rofiq/detikcom)
Bojonegoro -

Empat warga masih satu keluarga dengan pasien COVID-19 terpapar varian India atau varian Delta menjalani isolasi di RSUD Sosodoro Djatikusumo Bojonegoro. Empat orang ini hasil tracing Satgas COVID-19 Jatim, setelah sebelumnya seorang pria berusia 54 tahun terlebih dulu dirawat di RS Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

Pria tersebut menjalani swab setelah terjaring penyekatan di Suramadu usai ziarah ke Bangkalan bersama 14 rekannya, Minggu (6/6/2021). Dari empat orang salah satunya istri pasien tersebut. Sedangkan tiga lainnya yakni anak dan kerabat yang sehari-hari tinggal bersama.

"Sejauh ini istri dan tiga lainnya kontak erat dan kini jalani isolasi di RSUD Bojonegoro," kata Humas Satgas COVID-19 Bojonegoro, Masirin, saat dihubungi detikcom, Rabu (16/6/2021).

Informasi yang dihimpun, sampel orang-orang yang diisolasi itu telah dikirim ke Surabaya. Mereka juga dinyatakan positif COVID-19 saat ditracing dan testing Satgas COVID-19 Jatim dan Dinkes Bojonegoro.

"Iya sampelnya di bawa ke Laborat Kemenkes yang ada di Surabaya. Hasilnya belum keluar terkait varian COVID-19 nya," pungkas Masirin.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut varian COVID-19 dari India atau varian delta masuk ke Jatim. Varian India ini didapat dari pasien yang terjaring tes swab antigen di Jembatan Suramadu. Dan tiga pasien terpapar varian India ini rinciannya dua dirawat di RS Lapangan Indrapura Surabaya (RSLI) dan satu di Bojonegoro.

Kabupaten Bojonegoro saat ini masuk kategori oranye. Selama penyebaran COVID-19, terdapat 142 orang meninggal.

Simak juga Video: Mengenal Varian Corona 'Delta' India yang Mendominasi di Jakarta-Kudus

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)