2 Warga Kota Malang Disembur Ular Kobra

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 12:26 WIB
Dua warga Kota Malang jadi korban semburan ular kobra. Mereka dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.
Tim PMK Kota Malang saat evakuasi ular kobra/Foto: Istimewa
Malang -

Dua warga Kota Malang jadi korban semburan ular kobra. Mereka dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, M Teguh Budi Wibowo mengatakan, kedua korban adalah Dwi Yulianto (42) dan Suprapto (60), warga Jalan Kolonel Sugiono I A, RT 05 RW 06, Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

"Peristiwa kemarin malam sekitar pukul 20.30 WIB. Warga melapor kepada kami adanya ular kobra di rumah salah satu korban," ujar Teguh kepada detikcom, Selasa (15/6/2021).

Setelah mendapat laporan, Tim Pemadam Kebakaran berjumlah 5 orang mendatangi lokasi. Ular kobra teridentifikasi jenis kobra Jawa. Berbekal peralatan yang dimiliki, tim kemudian menyisir setiap sudut rumah dan ditemukan di dalam kamar.

Menurut Teguh, ular kobra itu memiliki panjang sekitar 130 sentimeter. "Ular kobra jenis Jawa atau Naja seputatric, dan tim berhasil mengevakuasi. Kini ular sudah diamankan di mako," terang Teguh.

Dua korban, kata Teguh, terkena semburan ular kobra di bagian mata. Mereka awalnya hendak mengevakuasi ular yang ditemukan di dalam kamar.

"Untuk dua korban terkena semburan di bagian mata, dan kini berada di RSSA. Karena ketidaktahuan korban, tentang jenis ular, terus mencoba dengan menggunakan kayu untuk mengevakuasi ular dalam kamar. Dan ternyata ularnya nyembur," beber Teguh.

Sementara Nur Hasan, tetangga korban menambahkan, awalnya Dwi Yulianto mendengar teriakan anaknya, saat melihat ular di dalam kamar.

"Tiba-tiba terdengar suara mendesis, anak Pak Dwi kaget dan teriak minta tolong," kata Nur Hasan terpisah.

Teriakan penghuni rumah kemudian mengundang kehadiran warga. Nahas, dua orang yang hendak mengevakuasi ular yang bersembunyi di sudut kamar, justru terkena semburan ular kobra.

"Pak Dwi dan Pak Suprapto kena semburan di bagian matanya," ungkap Nur Hasan.

(sun/bdh)