Polisi Disebar Berantas Aksi Premanisme di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 19:13 WIB
preman di banyuwangi
Apel personel yang akan disebar perangi premanisme di Banyuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Polisi meningkatkan patroli serta memperketat pengawasan guna mengantisipasi aksi premanisme di Banyuwangi. Peningkatan patroli itu menindaklanjuti atensi Kapolri Jendral Listyo Sigit terkait pencegahan aksi premanisme.

Personel disebar ke sejumlah titik yang berpotensi menjadi wilayah rawan aksi premanisme. Salah satunya di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin mengatakan, pelaksanaan peningkatan patroli guna mengantisipasi aksi premanisme, sekaligus mengantisipasi praktik pungli di Pelabuhan Ketapang.

"Selain di Pelabuhan Ketapang, peningkatan patroli juga dilakukan di sejumlah terminal, dan ruas-ruas jalan yang berpotensi adanya aksi premanisme," katanya kepada detikcom, Senin (14/6/2021).

Arman menegaskan pelaku premanisme akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Tentu akan kami tindak dengan tegas terhadap pelaku premanisme, sesuai perintah Kapolri terkait pemberantasan aksi premanisme," tegasnya.

Ditambahkan oleh Kapolsek Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) AKP Ali Masduki, selain melakukan giat patroli, polisi juga mengimbau masyarakat agar ikut berperan aktif melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan atau mengetahui adanya tindak premanisme ataupun praktik pungli yang meresahkan masyarakat.

"Kami mengimbau masyarakat untuk berperan aktif untuk melaporkan setiap aksi premanisme dan pungli yang terjadi di lingkungannya masing-masing, agar segera kami lakukan tindakan," tandasnya.

(iwd/iwd)