Gubernur Khofifah Sebut 3 Kasus Corona Varian India Ditemukan di Jatim

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 16:36 WIB
gubernur khofifah
Gubernur Khofifah (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengkonfirmasi adanya 3 kasus COVID-19 varian baru di Jatim. Varian baru itu yakni varian India B1617.2 atau delta.

"Ini sama dengan yang di Kudus, B1617.2 ini yang terkonfirmasi per pagi tadi, ada tiga di Jatim," ujar Khofifah di Surabaya, Senin (14/6/2021).

Varian India tersebut, lanjut Khofifah, didapat dari hasil sequencing di Institute Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair). Tiga kasus Corona asal India tersebut berasal dari 24 Genome Sequencing yang dikirimkan oleh Tim Penanganan COVID-19 Jatim.

Saat ini, lanjut Khofifah, tim penanganan COVID-19 Jatim, menunggu hasil Genome Sequencing berikutnya. Khofifah berharap, semua dapat terkomunikasikan dan terkelola dengan baik.

Mantan Mensos RI juga meminta ada pengecekan dan ditelusuri menular dari mana virus varian baru tersebut. Apakah yang bersangkutan hanya kontak erat ataukah Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Ini sedang saya minta cek, mereka ini terkonfirmasi mungkin kontak erat atau PMI dan seterusnya, saya mohon kita menunggu," tandasnya.

Simak juga 'Varian India Sampai di Kudus, Ganjar Pranowo: Saya Makin Punya PR':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)