Jalan Lain Masuk Unesa Jika Tak Lolos SBMPTN

Esti Widiyana - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 12:13 WIB
Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hari ini pukul 15.00 WIB. Para peserta dapat melihat pengumuman di laman utama LTMPT https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.
Universitas Negeri Surabaya (Unesa)/Foto: Esti Widiyana/detikcom
Surabaya -

Sekitar 500 ribu peserta tak lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Masih ada jalur mandiri bagi yang tak lolos SBMPTN.

Itu disampaikan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof Moh Nasih. Selengkapnya, hasil SBMPTN 2021 akan diumumkan hari ini pukul 15.00 WIB. Pengumuman bisa dilihat di laman utama LTMPT.

Untuk para pendaftar di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) juga bisa melihat hasil SBMPTN di laman mirror http://sbmptn.unesa.ac.id/. Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa Prof Dr Bambang Yulianto M.Pd mengatakan, tahun ini pendaftar SBMPTN Unesa sebanyak 29.971 peserta. Sementara daya tampungnya sebanyak 2.990 mahasiswa di 73 program studi.

"Karena itu, tahun ini persaingannya cukup ketat. Terutama di 10 program studi yang beberapa tahun terakhir menjadi favorit. Yakni Ilmu Komunikasi, Gizi, Manajemen, Psikologi, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, Sastra Inggris, Ilmu Administrasi Negara, Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran," kata Bambang kepada detikcom, Senin (14/6/2021).

Bambang juga menyampaikan, bagi peserta yang tidak lolos SBMPTN tidak perlu khawatir. Sebab, peserta masih memiliki peluang kuliah di Unesa lewat jalur mandiri atau SPMB.

"Salah satunya bisa menggunakan nilai UTBK. Nanti kalau ga lolos, nilai UTBK itu bisa digunakan untuk mendaftar di SPMB," ujarnya.

Jalur mandiri yang disediakan Unesa tahun ini, yakni jalur nilai UTBK, jalur prestasi keagamaan (Islam, Kristen Katolik, Hindu, Budha, Konghucu), jalur prestasi olahraga, jalur prestasi seni, dan jalur prestasi kepemimpinan. Selain itu juga ada jalur disabilitas, jalur Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK), dan jalur D4 atau Sarjana Terapan.

Jadwal pendaftaran SPMB Unesa 2021 yakni jalur reguler UTBK dibuka 14-18 Juni 2021. Jalur prestasi mulai 16-23 Juni 2021. Jalur Sarjana Terapan atau D4 (gelombang 1) dibuka 21 Juni-3 Juli 2021. Jalur TMUBK sarjana mulai 21 Juni-13 Juli 2021. Jalur disabilitas juga dibuka 21 Juni-13 Juli 2021. Sementara jalur Sarjana Terapan atau D4 (gelombang 2) dibuka 23 Juni-30 Juli 2021.

Untuk informasi lebih lanjut, peserta bisa melihat laman resmi Unesa, dan media sosial Unesa Official. Bambang berpesan kepada peserta, agar mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Bagi yang dinyatakan lolos SBMPTN agar mempersiapkan berkas tahapan lanjutan dan juga kesiapan untuk memulai proses akademik. Sementara bagi yang belum lolos, supaya mempersiapkan diri dan berkas untuk pendaftaran di jalur SPMB.

"Berjuang itu jangan setengah-tengah, jika masih ada kesempatan, maka peluang lolos dan berhasil itu masih terbuka. Semoga perjuangan peserta membuahkan hasil yang diharapkan di jalur mandiri ini. Setiap usaha ada hasil, dan apapun hasilnya jangan sampai berkecil hati, justru harus tetap optimis mengejar mimpi, karena menuju sukses banyak jalannya," pungkasnya.

(sun/bdh)