Truk Muat HCL Terguling di Sidoarjo, 3 Warga Dibawa ke RS karena Sesak Nafas

Suparno - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 16:20 WIB
truk muat dua tangki isi HCL terguling di Dusun Bibis, Desa Keret, Kecamatan Krembung Sidoarjo
Truk muat tangki isi HCL terguling di Sidoarjo (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo -

Sebuah truk bak terbuka memuat dua tangki berisi bahan kimia HcL terguling di Sidoarjo. Kecelakaan itu mengakibatkan 3 orang dilarikan di rumah sakit, setelah isi tangki HcL tumpah ke rumah warga.

Truk terguling itu terjadi di Dusun Bibis, Desa Keret, Kecamatan Krembung Sidoarjo, Minggu (13/6/2021). Tiga korban mengalami sesak napas karena menghirup bau HcL yang tumpah. Mereka adalah Wardoyo (50) Seniah (51) dan Supikah (66).

Tidak diketahui pasti terjadinya kecelakaan tersebut. Namun beberapa saksi mata mengatakan kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.20 WIB.

"Saya tidak tahu secara persis, tiba-tiba terdengar suara braaakk. Setelah keluar rumah ada dua tangki yang pecah tepat depan rumah orang tua saya," kata Hendrik di lokasi kejadian, Minggu (13/6/2021).

Truk nopol AE 8077 SJ yang dikemudikan Siswanto warga Balas Klumprik Surabaya itu memuat dua tangki isi HcL. Dua tangki tersebut pecah dan HcL nya tumpah di jalan penghubung Kecamatan Krembung ke Prambon. Bahkan masuk ke dua rumah warga. Tiap tangki berisikan HcL 3.600 Liter.

"Kedua orang tua dan kakak saya dibawa kerumah RSUD Sidoarjo, karena mengalami sesak nafas berat," jelas Hendrik.

Anggota Lantas Polsek Porong, Bripka Eko mengatakan dari pemeriksaan sopir, rencananya HcL dari PT Pakerin itu akan dikirim ke Jalan Lingkar Timur Sidoarjo.

"Rencananya akan dikirim ke Jalan Lingkar Timur Sidoarjo. Penyebab tergulingnya truk muat dua tangki isi HcL diduga tidak seimbangnya posisi muatan," tambahnya.

Kini, polisi melakukan olah TKP kecelakaan di Sidoarjo lokasi kejadian.

(fat/fat)