Seorang Nakes Puskesmas di Bangkalan Meninggal Positif COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 14:25 WIB
Ilustrasi pemakaman COVID
Ilustrasi pemakaman COVID-19 (Foto: Ilustrator: Edi Wahyono)x
Surabaya -

Tenaga kesehatan (Nakes) Kabupaten Bangkalan kembali gugur karena positif COVID-19. Nakes meninggal tersebut berasal dari Puskesmas Kecamatan Sepulu, Bangkalan.

Hal ini dibenarkan Jubir Satgas COVID-19 Bangkalan Agus Sugianto Zein. Namun ia tak dapat menjelaskan secara detail terkait nakes yang meninggal positif COVID-19.

"Nakes asal Puskesmas Kecamatan Sepuluh positif COVID-19. Itu saja yang dapat saya konfirmasi, karena belum dapat info detail," kata Agus kepada detikcom, Minggu (13/6/2021).

Agus juga hanya mengetahui meninggalnya nakes tersebut pada Sabtu (12/6). Dia belum mendapat informasi detail kapan nakes tersebut mengembuskan nafas terakhir.

"Kemarin. Tidak ada tahu pukulnya (Jamnya). Belum punya info detail," ujarnya.

Sebelumnya, 3 nakes di Bangkalan, Madura meninggal terpapar COVID-19. Mereka terdiri dari seorang dokter, perawat dan bidan. Kini nakes yang meninggal menjadi 4, yakni RSUD Bangkalan 2 dan puskesmas 2.

Karena banyak nakes terpapar COVID-19, Pemkab Bangkalan rutin melakukan tes swab. Khususnya ke 4 kecamatan yang menjadi episentrum. Yakni Kecamatan Bangkalan, Arosbaya, Klampis dan Geger.

"Bukan imbauan (Kepada nakes karena banyak yang positif COVID-19). Kita lakukan tes kepada semua nakes utamanya di 4 wilayah episentrum. Setiap hari hasil penapisan reaktif langsung dilakukan swab," pungkasnya.

(fat/fat)