Gus Ipul Lantik Sekda dan 7 Kepala OPD di Tengah Guyuran Hujan Deras

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 23:01 WIB
gus ipul
Gus Ipul melakukan pelantikan di tengah guyuran hujan (Foto: Dok. Pemkot Pasuruan)
Pasuruan -

Wali kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melantik sekretaris daerah (sekda) dan tujuh kepala Organisasi Perangkat Daerah, Sabtu (12/6/2021).

Pelantikan ini dilakukan sebagai upaya mengisi jabatan strategis yang selama ini kosong. Tujuannya, membuat roda pemerintahan berjalan maksimal. Uniknya, pelantikan ini dilakukan di tengah guyuran hujan deras malam hari. Hujan lebat tiba-tiba datang begitu saja ketika prosesi pelantikan dilakukan.

Pelantikan sendiri dilakukan di Pasar Gadingrejo, Kota Pasuruan. Pelantikan digelar sangat sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Rudiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan dilantik sebagai Sekda Kota Pasuruan.

Sedangkan untuk kepala OPD adalah Sahari Putro sebelumnya Kabag Administrasi Pemerintahan dilantik sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Umum. Basuki sebelumnya Kabid Penanaman Modal DPMPTSP dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Gustap Purwoko sebelumnya menjabat sebagau Sekretaris Dinas PUPR dilantik sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Pasuruan. Yanuar Afriansyah sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Satpol PP dilantik sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Supriyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Purworejo dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawian Daerah. Titrit Satriana sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, Pertamanan dilantik sebagai Kepala Dinas Perpusatakan dan Kearsipan.

Nur Fadholi sebelumnya menjabat Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Satpol PP dilantik sebagai Kepala Satpol PP.

"Malam ini, di tengah guyuran hujan, di hari Sabtu dan merupakan hari libur kita melaksanakan prosesi pelantikan," kata Gus Ipul.

Pelantikan di malam hari sengaja dibuat untuk menunjukkan bahwa melayani tidak harus terpaku pada jam kerja atau hari kerja.

"Saat ini kita berada di Pasar Gadingrejo, waktunya pun di malam hari. Saya memilih tempat ini untuk pelantikan bukanlah tanpa alasan, ada pesan yang ingin saya sampaikan kepada Pak Sekda dan Pejabat baru lainnya," ujarnya.