Wagub Emil Sebut Peran Penting Media Siber Wujudkan Smart City

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 22:27 WIB
wagub emil
Wagub Emil Dardak (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Pasuruan -

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut media Siber memiliki peran penting di masyarakat hingga pemerintahan. Salah satunya, berperan dalam mewujudkan smart city.

Hal ini diungkapkan Wagub Emil saat mengisi Seminar Nasional Smart City Creative Government Membangun Ekosistem Digital, Cettar Demi Pembangunan Jawa Timur persembahan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim.

Emil mengungkapkan banyak perubahan pola terjadi dalam beberapa tahun mendatang. Wagub Emil menyebut masa depan memungkinkan setiap orang bisa bekerja di mana dan kapan saja.

Tak hanya itu, Emil mengatakan di masa depan setiap orang juga bisa membangun tangga karir sendiri. Organisasi menjadi semakin ramping hingga kerja lebih situasional.

"Masa depan adalah impact seberapa kita sudah menjadi resume bagi kita sendiri," terang Emil di Hotel Royal Senyiur, Prigen, Pasuruan, Sabtu (12/6/2021).

Emil menyebut, AMSI sebagai organisasi media siber memiliki pola yang mengarah pada masa depan. Yakni egaliter, fleksibel dan kontekstual.

"Mindset ini sudah melekat di AMSI maupun dunia jurnalisme," ungkapnya.

Lalu, bagaimana media siber tetap tegak lurus pada kemampuan tersebut agar dapat membuat lompatan besar? Emil menegaskan, AMSI bisa mengambil peran dalam mewujudkan smart government dan smart society sebagai komponen dasar membentuk smart city.

"Smart society berbanding lurus dengan gaya hidup masyarakat. Semakin masyarakat embarrassing digital, maka semakin smart society nya," jelas Emil.