Khofifah Bicara Pentingnya Digitalisasi Ekonomi Saat Buka Rakerwil AMSI Jatim

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 17:39 WIB
Gubernur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Khofifah (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa membuka rapat kerja wilayah (Rakerwil) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur tahun 2021. Khofifah memaparkan pentingnya digitalisasi ekonomi.

Dalam sambutannya, Khofifah menyebut ekonomi digital di Asia Tenggara luar biasa. Dia bercerita jika dirinya sering gowes atau bersepeda keliling kabupaten kota di Jatim untuk mengecek digitalisasi ekonomi di wilayah tersebut.

"Saya kaget ketika ada proses retribusi di pasar daerah sudah bisa dilakukan secara digital. Tahun lalu saya lihat dan ini sudah berjalan. Saya tidak lihat di Sidoarjo atau Surabaya. Yang saya lihat di pasar tradisional Magetan, kemudian Ngawi, dan itu betul-betul on the spot," kata Khofifah di Hotel Royal Senyiur Prigen Pasuruan, Jumat (11/6/2021).

Khofifah mengatakan pemantauan yang dilakukannya ini on the spot. Jadi, tak ada kesempatan Pemda untuk menyiapkan digitalisasi ini.

"Jadi tidak ada sesuatu yang disiapkan. Itu betul-betul on the spot. Sambil gowes, sama bersama BI, OJK, Bank Jatim, pembayaran bisa diakses oleh tukang becak. Artinya bahwa sang tukang becak sudah terkonfirmasi dengan android," imbuhnya.

Menurut Khofifah, untuk meraih digitalisasi ekonomi dibutuhkan proses dan tidak bisa instan. Khofifah percaya hal ini akan bisa dilakukan di seluruh wilayah Jawa Timur.

"Digitalisasi ekonomi adalah sebuah keniscayaan, kalau Jack Ma, Co Founder Alibaba menyampaikan di 2030 pelaku utama ekonomi dunia adalah UMKM dan 2030 sebanyak 85% e commerce dan 2030 99% pasar itu lewat online. Dari awal saya ketemu UMKM saya minta untuk diberikan ruang," papar Khofifah.

Selanjutnya
Halaman
1 2