Polisi Temukan Praktik Perdagangan Orang di Kasus Kaburnya Calon TKW di Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 22:12 WIB

"Ini baru kita naikkan sidik, ada beberapa tahap penyidikan yang akan kita lakukan, baik itu dilakukan oleh penyidik, kami nanti menetapkan status tersangkanya," tegasnya.

Temuan adanya pelanggaran oleh PT CKS yang disampaikan langsung Kepala BP2MI Benny Rhamdani turut menjadi catatan penyidik, untuk menjadi bahan penuntasan kasus
kasus kaburnya 5 calon TKW itu.

Termasuk, adanya ruang khusus diduga menjadi tempat hukuman dan penyiksaan calon TKW selama berada di balai latihan kerja.

"Itu sudah masuk di kita informasinya (ruang hukuman), segala sesuatu informasi tadi, akan menjadi bahan lidik dan sidik kami. Karena itu kami mohon kalau ada info-info lain, bisa segera diberikan kepada kami. Maka akan dilakukan tindakan oleh penyidik, untuk langkah penetapan selanjutnya," tegas Leonardus.

Terpisah, Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengapresiasi langkah cepat Polresta Malang Kota dalam menindaklanjuti peristiwa kaburnya calon TKW dari balai latihan kerja.

Benny menegaskan, pihaknya memberikan dukungan penuh proses penuntasan kasus yang sedang ditangani oleh Polresta Malang Kota.

"Proses hukum sedang berjalan, tentu selain kita memberikan apresiasi atas respons cepat, kita juga memberikan dukungan penuh, agar menemukan keadilan hukum bagi pekerja migran itu sendiri," ujar Benny.


(iwd/iwd)