Polisi Temukan Praktik Perdagangan Orang di Kasus Kaburnya Calon TKW di Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 22:12 WIB
Malang -

Polisi menemukan adanya dugaan tindak pidana di balik kaburnya lima calon TKW dari BLK PT Centra Karya Semesta. Yakni, adanya praktek perdagangan orang.

"Kita sudah melakukan gelar perkara di Polresta Malang Kota, kita sudah naikan status dari penyelidikan ke penyidikan," ujar Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata usai bertemu Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani di Mapolres, Sabtu (12/6/2021).

Leonardus mengungkapkan, tindak pidana yang ditemukan selama proses penyelidikan adalah praktik perdagangan orang. Pihaknya juga masih mendalami kasus ini, untuk menentukan unsur-unsur penerapan pasal jika ditemukan adanya tindak pidana lainnya.

"Ini tindak pidana perdagangan orang, lalu untuk unsur-unsur pasalnya, kalau ada tindak pidana lainnya, masih dalam pendalaman kami," tegas Leonardus.

Leonardus mengaku, selama proses penyelidikan telah memeriksa sebanyak 11 saksi. Mereka berasal dari perusahaan penyedia kerja, warga sekitar, dan juga saksi korban.

"Dengan pembuatan LP model A, dan kita sudah lakukan pemeriksaan terhadap 11 saksi, baik dari perusahaan penyedia kerja, baik dari saksi-saksi korban dan juga tetangga yang ada di sekitar lokasi," akunya.

Meski sudah menaikkan status dalam proses penyidikan, kata Leonardus, pihaknya belum menetapkan adanya tersangka dalam kasus tersebut.