Sepekan Penyekatan di Suramadu, Volume Kendaraan Melintas Menurun

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 21:31 WIB
penyekatan di suramadu
Penyekatan di Suramadu (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Penyekatan di Suramadu telah dilakukan selama sepekan. Setelah sepekan berlalu, volume kendaraan yang melintas pun turun.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengatakan mulai 7 Juni hingga 11 Juni 2021 rata-rata volume kendaraan dari arah Madura menuju Surabaya mengalami penurunan.

"Rata-rata kendaraan mengalami penurunan dibanding hari pertama yang kurang lebih mobil 7.130, motor 14.900, truk 197 yang masuk dari Madura ke Surabaya. Hari terakhir kemarin tanggal 11, mobil 5.900, motor 1.200," kata Irvan kepada wartawan di Pos Penyekatan Suramadu, Sabtu (12/6/2021).

Irvan mengatakan sedangkan untuk kendaraan yang ke arah Madura lebih sedikit atau stabil dengan rata-rata kendaraan roda empat sekitar 5.500 kendaraan, roda dua sekitar 11 ribuan kendaraan, dan truk 140-an kendaraan.

Irvan menjelaskan menurunnya volume kendaraan bisa jadi karena adanya penyekatan. Warga yang akan berlibur akan mempertimbangkan kembali jika menuju ke Madura atau Surabaya.

"Penurunan mungkin di luar aktivitas di luar kerja, kalau kerja mereka yang komuter dari Madura kerja di Surabaya dan sebaliknya bekerja seperti biasa. Tapi yang mungkin keperluan bersifat belanja atau rekreasi berkurang jadi 2.000 kendaraan masing -masing mobil maupun R2 (roda dua)," ungkap Irvan.

Sedangkan untuk kendaraan umum dan pribadi yang setiap hari bekerja, jumlahnya tidak berkurang.

"Jadi mereka kendaraan pribadi atau umum karena komuter kerja. Jadi tidak berkurang yang pulang pergi kerja. Karena memang mereka harus mencari nafkah, kerja, tidak bisa menunda. Tapi kalau yang liburan, shopping, kuliner itu mereka mungkin menunda. Tidak komuter Surabaya Madura," ungkap Irvan.

(iwd/iwd)