Titah Panglima TNI dan Kapolri untuk Tekan Lonjakan COVID-19 di Bangkalan

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 22:40 WIB
Kasus COVID-19 di Bangkalan melonjak hingga Madura mendapat perhatian Panglima TNI dan Kapolri. Dalam kunjungannya ke Jatim, mereka memberikan arahan untuk penanganan.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta jajaran/Foto: Amir Baihaqi/detikcom
Surabaya -

Kasus COVID-19 di Bangkalan melonjak hingga Madura mendapat perhatian Panglima TNI dan Kapolri. Dalam kunjungannya ke Jatim, mereka memberikan arahan untuk penanganan.

Dalam arahannya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menekankan prioritas vaksinasi kepada para lansia. Hadi juga meminta agar pelaksanaan isolasi mandiri harus mendapat pengawasan secara ketat.

"Isolasi mandiri harus dilakukan pengawasan yang ketat supaya tidak menjadi faktor pemicu meningkatnya penyebaran," kata Hadi saat memberikan arahan di Lanudal Juanda, Jumat (11/6/2021).

"Juga laksanakan briefing terhadap anggota yang melaksanakan tugas supaya memahami tugas pokok dalam penanganan COVID-19," tambahnya.

Senada, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa testing dan tracing pada penanganan COVID-19 saat ini masih lemah. Untuk itu ia menginstruksikan PPKM Mikro lebih dioptimalkan lagi.

Tak hanya PPKM Mikro, ia juga memerintahkan optimalisasi tes swab PCR pada daerah dengan sebaran COVID-19 yang tinggi. Sebab dengan begitu, maka testing dan tracing akan optimal.

"Menurut analisa Presiden Jokowi, kita lemah di testing dan tracing, dan kuat di treatment. Hal tersebut dapat menjadi evaluasi dalam penanganan COVID-19 ke depan," terang Sigit.

"Pelaksanaan optimalisasi PPKM Mikro terutama di daerah dengan angka sebaran COVID-19 yang tinggi. Tes PCR supaya dioptimalkan pelaksanaannya, agar proses tes PCR hasilnya tidak lebih dari 1 hari," imbuhnya lagi.

Sigit menegaskan, penanganan COVID-19 di Bangkalan akan menjadi role model bagi daerah lain ke depan. Itu akan terjadi apabila pembagian rayonisasi, pengorganisasian hingga penanganan dilaksanakan dengan baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2