Atasi Lonjakan Kasus Bangkalan, BNPB Lakukan Pendekatan ke Tokoh Agama

Faiq Azmi - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 22:15 WIB
Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito
Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito kunjungi RSLI (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Ganip Warsito meninjau Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) usai adanya pelonjakan pasien COVID-19 dari Bangkalan.

Ganip ingin memastikan RSLI siap menampung lonjakan pasien dari Bangkalan serta penyekatan Suramadu. BNPB juga telah melakukan pendekatan ke tokoh-tokoh agama di Bangkalan.

"Kita sudah mengambil langkah-langkah baik langkah-langkah yang bersifat medis. Di lapangan untuk pembatasan, lalu pendekatan kepada tokoh-tokoh masyarakat, kiai, tokoh Bangkalan dan Madura secara umumnya, untuk bisa sama-sama kita mengendalikan ataupun menekan kembali angka COVID-19 ini. Sehingga bisa seperti sebelumnya paling tidak, atau kita hilangkan," ujar Ganip di RSLI, Jumat (11/6/2021).

Ganip menjelaskan, apa yang dilakukan BNPB di lapangan guna menekan penyebaran COVID-19 di Bangkalan, di antaranya melakukan assessment pendampingan terhadap satgas COVID-19 di daerah.

"Hal agar Satgas dapat mengelola, melakukan tata kelola manajemen lapangan dengan tepat, kemudian yang kedua kita melakukan penguatan-penguatan secara personel baik itu dari sisi Nakes, TNI, Polri, terkait lonjakan itu,. Ketiga, saya datang selalu berkomunikasi dengan Pemda, tokoh masyarakat untuk bisa membantu dalam penanganan," bebernya.

BNPB, lanjut Ganip juga ingin memastikan para nakes yang tersedia siap mengatasi lonjakan, serta ketersediaan obat-obatan untuk menunjang pelayanan.

Penanggungjawab RSLI Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, pihaknya telah siap dalam menerima lonjakan pasien. Saat ini, RSLI telah menampung pasien dari lonjakan kasus di Bangkalan, serta hasil penyekatan di Suramadu.

"Hari ini, total pasien yang kami rawat sebanyak 274. Kapasitas RSLI sebanyak 400 bed. Kami tentu siap, dan bila diperlukan, akan ada penambahan bed lagi di RSLI," ujar Nalendra.

Dalam kunjungan Kepala BNPB ini, hadir juga Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Pangkogabwolhan II Marsdya TNI Imran Baidirus.

(iwd/iwd)