Curhat Calon TKW Malang, Istirahat Kurang Hingga Disuruh Diam Saat Ada yang Meninggal

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 15:09 WIB
balai pelatihan kerja (BLK) Kota Malang Jalan Rajasa, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang
Tempat penampungan TKW yang kabur dan loncat (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Surabaya -

Sebuah video pendek beredar soal curhat calon TKW kabur dari balai pelatihan Kota Malang. Video itu diambil saat warga menolong mereka usai loncat dari tembok tempat penampungan dengan ketinggian sekitar setinggi 15 meter. Bagaimana curhatnya?

Video berdurasi 1 menit 12 detik itu diambil warga saat menolong tiga calon TKW usai kabur dari balai pelatihan kerja PT Central Karya Semesta (CKS) Rabu (9/6/2021) malam. Perempuan dalam rekaman video itu juga mengatakan, dirinya kabur bersama 4 calon TKW lainnya. Dua di antaranya selamat, tiga orang mengalami luka.

"Kami lima orang, dua selamat. Kami bertiga yang luka," kata wanita dalam video yang dilihat detikcom, Jumat (11/6/2021).

"Semuanya pingin keluar, pas lebaran ada yang mati, kita disuruh diam," cerita salah satu TKW dalam video yang beredar.

Wanita itu juga mengatakan, nekat kabur dari lokasi gedung paling atas. Warga yang merekam menyebut lokasi itu biasa digunakan untuk jemuran. "Kami loncat dari lantai empat, lima orang," tegasnya.

Halimah (25), warga tinggal di belakang PT CKS tempat balai pelatihan kerja mengaku dari penuturan salah satu korban yang nekat kabur mengaku mereka tertekan dengan sistem pelatihan yang dijalankan.

"Selain itu, dikatakan jam istirahat hanya sedikit dan tak diperbolehkan membawa HP," kata Halimah.

Polisi sendiri tengah menyelidiki beredarnya video calon TKW yang kabur itu. Tujuannya, apakah benar rekaman video diambil dari salah satu lima TKW yang kabur malam itu.

"Sampai saat ini, kami masih melakukan penyelidikan. Termasuk adanya video beredar itu," kata Kasatreskrim Polresta Malang Kota Kompol Tinton Yudha Riambodo dikonfirmasi terpisah.

Tinton menambahkan, pihaknya sudah meminta keterangan 7 saksi. Salah satunya dari pihak balai pelatihan kerja. "Sudah tujuh saksi, kita periksa. Salah satunya dari PT (Balai Pelatihan Kerja)," imbuhnya.

Lihat Video: 5 Calon TKW Loncat dari Atap Tempat Karantina, 3 Patah Tulang

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)