Banyuwangi Luncurkan Layanan Konsultasi Online ke Petani

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 18:20 WIB
Mempermudah pelayanan bagi para petani, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi meluncurkan Pelayanan Smart Konsultasi Pertanian Online atau disingkat Pas Kontan.
Foto: Ardian Fanani

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Arief Setiawan mengatakan, aplikasi ini telah diluncurkan pada 6 Juni 2021 lalu. Menurut Arief untuk menjalankan program tersebut telah menyiapkan 28 petugas operator.

"Operator ini kami bagi. Yang 25 orang bertugas di kantor kecamatan, sementara 3 orang lainnya bertugas di kabupaten," kata Arief.

Cara kerjanya, lanjut Arief, pertanyaan maupun aduan dari petani akan masuk ke operator di tingkat kabupaten yang kemudian langsung ditransfer ke operator kecamatan sesuai lokasi petani.

"InsyaAllah tidak sampai 24 jam, operator akan langsung menjawab pertanyaan dari petani. Operator ini selalu stand by dan fokus merespon petani," kata Arief.

Jika memang ada aduan yang membutuhkan penanganan di lapangan, tim bilaperdu akan langsung menuju ke lokasi.

"Misalnya ada aduan serangan wereng coklat di wilayah Srono, Bilaperdu kami terjunkan ke lokasi sambil mengangkut pestisida yang dibutuhkan petani. Anggota Tim Pelayanan Pertanian Terpadu juga ikut turun ke lapangan untuk mengedukasi petani terkait permasalahan yang dialami," terang Arief.

Penanganan masalah tidak berhenti sampai di sana. Usai dilakukan pembasmian wereng , petugas akan terus memantau perkembangan kondisinya.

"Secara terjadwal tim akan turun kembali ke lokasi tersebut untuk melihat perkembangan tanaman setelah proses pembasmian dilakukan," lanjut Arief.


(fat/fat)