LKS Provinsi Usai, Kadindik: Saatnya Jatim Juara Umum

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 21:04 WIB
Lomba Kompetensi Siswa
Malang jadi juara umum LKS (Foto: Dok. Dispendik Jatim)
Surabaya -

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK di tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2021 telah berakhir pada Rabu (9/6). Kota Malang sukses mempertahankan juara umum LKS di tingkat provinsi ini.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan LKS tingkat provinsi merupakan ajang untuk menampilkan inovasi dan kreatifitas siswa sesuai kompetensi keahlian siswa tersebut. Bagi kontingen yang menjadi juara satu tingkat provinsi, akan secara langsung mengikuti LKS nasional.

"LKS ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap satu di tingkat kabupaten/kota, di mana dari 38 kabupaten/kota di Jatim dibagi menjadi 4 wilayah kerja (wilker). Untuk Juara 1,2,3 di tingkat wilker, dikirim ke provinsi untuk mengikuti LKS provinsi. Dan juara satu tingkat provinsi akan mengikuti LKS tingkat nasional," ujar Wahid di SMKN 6 Surabaya, Rabu (9/6/2021).

Wahid menyebut, dari 51 bidang lomba di tingkat LKS provinsi, hanya ada 45 bidang yang akan dilombakan kembali di tingkat LKS nasional.

"Kalau Olimpiade Sains Nasional (OSN) saja Jatim pecah telur setelah 13 tahun akhirnya menjadi juara umum pada tahun 2020. Tentu, di tahun 2021, siswa SMK Jatim juga harus bisa jadi juara umum di dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS), di mana tahun lalu, LKS Pusat juara umumnya Jawa Tengah. Tahun ini, Jatim harus juara umum," tegas Wahid.

Wahid juga memastikan, pihaknya sangat serius menyiapkan siswa SMK yang berkompetisi di LKS Pusat. Rencananya, LKS Pusat akan diselenggarakan pada Oktober 2021 mendatang. Selain itu, Wahid juga menunggu kepastian, apakah LKS tingkat dunia akan diselenggarakan pada tahun 2021 ini.

"Saya minta semangat Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) dan Kepala Sekolah untuk tetap menjaga, terus melatih siswa SMK. Dan yang menjadi kontigen Jatim, terus berlatih, dan harus optimis bisa memberi yang terbaik bagi Jatim," terangnya.

Sementara, Kacabdindik wilayah Kota Malang Ema Sumiarti mengatakan, segala persiapan telah dilakukan menjelang LKS di tingkat provinsi. Karena itu, ia tak heran bila Kota Malang kembali dinobatkan menjadi juara umum di tahun ini.

"Alhamdulillh kita mempertahankan juara umum. Strategi kita, bisa dimaskimalkan. Apalagi beberapa sekolah sudah menjadi langganan juara. Untuk tingkat nasional nanti, siswa SMK yang berkompetisi akan mendapat pendampingan secara intensif dari pebimbing agar bisa memberi yang terbaik kepada Jatim," jelasnya.

Kota Malang sendiri berhasil menyabet 19 medali dalam LKS tingkat provinsi Jatim ini. Dengan rincian, Kota Malang meraih juara satu di 9 bidang lomba. Kemudian meraih juara dua di 3 bidang lomba, dan meraih juara tiga di 7 bidang lomba.

Juara satu lomba hairdressing, Dhea Anggie Yayang Vionella mengungkapkan, bahwa capaiannya merupakan buah kerja keras yang ia lakukan selama ini. Ia berlatih secara intensif sebelum LKS tingkat provinsi dilaksanakan. Setelah ini, ia akan mengevaluasi apa saja yang masih kurang, agar bisa maksimal dalam LKS tingkat nasional.

"Ya latihan tiap hari, ada ilmu baru latihan lagi. Nanti bisa jadi tambahan ilmu baru. Setelah ini akan ada pendampingan secara langsung dengan menggunakan model," kata siswa SMKN 3 Malang ini.

(iwd/iwd)