Genangan Air Sempat Ganggu Jalur KA di Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 11:06 WIB
Banjir tak hanya menggenangi Kota Banyuwangi. Jalur kereta api (KA) menuju Kota Banyuwangi juga tergenang.
Genangan air di jalur KA di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Banjir tak hanya menggenangi Kota Banyuwangi. Jalur kereta api (KA) menuju Kota Banyuwangi juga tergenang.

KA Wijaya Kusuma melakukan BLB (Berhenti Luar Biasa) di km 8+9 petak Jalan Argopuro-Banyuwangi Kota. Sekitar pukul 05.15 WIB, di jalur tersebut sempat ada genangan air dengan ketinggian 5 sentimeter di atas kop rel.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal mengatakan, imbas terendamnya rel membuat KA Wijaya Kusuma melakukan BLB (Berhenti Luar Biasa), sambil menunggu petugas di lokasi untuk melakukan pengecekan dan memastikan bahwa rel aman untuk dilintasi KA.

"Memang benar ada genangan air yang menutup jalur KA. KA Wijaya Kusuma melakukan BLB," ujarnya kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Namun sekitar pukul 05.40 WIB, air telah surut dan petugas mengatakan bahwa rel aman untuk dilintasi kereta api. Sehingga KA Wijaya Kusuma kembali melanjutkan perjalanan, sambil dilakukan pengawalan oleh petugas yang bersiaga di sekitar wilayah tersebut.

Broer Rizal mengungkapkan permohonan maaf kepada para pelanggan KA yang sempat terganggu akibat adanya banjir ini. Namun demikian, KAI Daop 9 akan mengutamakan keselamatan Perjalanan KA.

"Kami mohon maaf atas terganggunya perjalanan Anda, masinis mengambil langkah untuk berhenti sejenak demi keselamatan para pelanggan. Kami juga telah mengerahkan petugas, untuk segera melakukan tindakan yang tepat dan cepat," tutupnya.

Sementara tiga KA berikutnya yakni KA Tawangalun, KA Sritanjung, dan KA Pandanwangi tidak terganggu dengan adanya genangan air itu. Ketiga KA berjalan normal di lintasan tersebut tanpa terganggu sedikit pun.

Simak juga 'Tanggul Setinggi 3 Meter di Bandung Jebol, Ratusan Rumah Terdampak!':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)