Hujan Deras Semalaman, Sungai Bagong di Banyuwangi Meluap

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 09:50 WIB
Sungai Bagong di Banyuwangi Meluap
Banjir menyebabkan kendaraan mogok (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Akses jalan menuju Kota Banyuwangi terganggu dengan genangan air dari sungai yang meluap. Kendaraan roda dua dan roda empat harus antre saat melintas di Sungai Bagong. Air juga masuk di ratusan rumah di sekitar jembatan tersebut.

Air meluap sekitar pukul 05.00 WIB, Rabu (9/6/2021). Air meluap dari Sungai Bagong, di Jalan S Parman, Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Kota Banyuwangi.

Tak sedikit kendaraan terjebak mogok saat melintas di jalan yang tergenang air setinggi sekitar 50-100 cm. Sedikitnya ada 10 kendaraan roda dua yang harus didorong pengendara. Polisi pun tak tinggal diam membantu mendorong motor yang mogok untuk mengurai antrean kendaraan.

"Ini karena air Sungai Bagong. Mulai macet sekitar jam 5 pagi," ujar AKP Kusmin, Kapolsek Kota Banyuwangi kepada detikcom di lokasi.

Kusmin menambahkan, air meluap diduga intensitas hujan tinggi. Hujan turun di wilayah Kota Banyuwangi sejak Selasa (8/6/2021) malam.

"Hujan turun sejak Selasa malam. Deras sekitar dini hari. Meluap sekitar pagi waktu masyarakat akan pergi bekerja," tambahnya.

Tak hanya menggenangi jalan, air luapan Sungai Bagong juga menggenangi ratusan rumah di sekitar jembatan Sungai Bagong. Air masuk ke rumah warga hingga 50 cm.

"Ya pagi karena meluap (sungai). Beberapa kali jika hujan di wilayah kota dan di lereng Ijen pasti banjir," ujar Sri, warga sekitar.

Sementara itu air mulai surut sekitar pukul 08.00 WIB. Puluhan polisi turun mengatur arus lalu lintas. BPBD Banyuwangi masih melakukan pendataan terhadap rumah warga yang tergenang.

Simak juga 'Tanggul Setinggi 3 Meter di Bandung Jebol, Ratusan Rumah Terdampak!':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)