Cerita Kepala Dusun di Tulungagung yang Diduga Terpapar Antraks

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 19:47 WIB
Kasus antraks di Tulungagung masih menjadi perhatian pemerintah daerah. Kepala Dusun Toro, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Agung Aris Saputra menjadi salah satu pasien yang diduga tertular antraks dari sapi.
Kepala Dusun Toro, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Agung Aris Saputra/Foto: Adhar Muttaqin/detikcom

Sementara itu, disinggung terkait kondisi lima warga lain yang juga diduga terpapar antraks, Agung mengaku saat ini telah berangsur-angsur membaik. "Sebelumnya salah satu itu sempat dirawat (di layanan kesehatan) sekarang sudah pulang," jelas Agung.

Protokol kesehatan yang sama juga diberlakukan bagi kelima warga itu. Mereka dilarang beraktivitas di kandang maupun mendekati hewan ternak.

Sebelumnya, kasus kematian sapi dan kambing terjadi secara beruntun di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung. Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, mengatakan jumlah sapi yang mati mencapai 26 ekor dan 3 ekor kambing.

Pada kasus kematian sapi terakhir, petugas Kementerian Pertanian serta Balai Besar Veteriner turun langsung dan melakukan pengujian laboratorium. Hasilnya dipastikan positif terpapar antraks. Sedangkan pemeriksaan 44 ekor sapi hidup dinyatakan aman dan sehat.


(sun/bdh)