Ketua IDI Ngaku Belum Tahu Jerinx Telah Bebas

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 19:25 WIB
Ketua Umum IDI Dr. Daeng M. Faqih
Ketua Umum IDI Dr. Daeng M. Faqih (Foto: Faiq Azmi)
Surabaya -

Drummer Superman Is Dead (SID) I Gede Ary Astina alias Jerinx hari ini bebas dari Lembaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan. Jerinx sempat mendekam di penjara dalam kasus 'IDI Kacung WHO' yang menjeratnya.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. Daeng M. Faqih mengaku belum mengetahui bahwa Jerinx telah bebas.

"Saya belum tahu itu (Jerinx bebas), tapi kan sudah pernah divonis ya. Saya sebenarnya, itu serahkan ke penegak hukum, itu kan ranahnya masalah hukum," ujar Daeng usai acara Restorasi Humanisme Pendidikan Kedokteran di Kantor DPW NasDem Jatim, Selasa (8/6/2021).

Meski belum mengetahui, Daeng ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat dan tenaga kesehatan untuk bersama-sama. Bukan malah berbenturan.

"Cuma saya ingin sampaikan di antara kita ini masyarakat, kemudian tenaga kesehatan tidak ada dikotomi mestinya, itu harus bersama-sama mutualisme. Mana ada masyarakat tidak butuh pelayanan kesehatan yang dikerjakan tenaga kesehatan, coba saya tanya?," ungkapnya.

"Yang dilayani tenaga kesehatan pasti masyarakat. Gak bisa nakes dan masyarakat dipisahkan, harus bersama. Oleh karena itu harus saling menghargai, kuncinya di situ itu yang tidak dipahami masyarakat, harus saling menghargai," sambungnya.

Daeng meminta, para tenaga kesehatan termasuk dokter serta masyarakat saling mendukung satu sama lain.

"Kalau memang ada sesuatu yang dipandang kurang baik, silakan diberi masukan yang baik. Ke depan harus memahami dan saling menghargai di antara masyarakat dan nakes," pungkasnya.

(iwd/iwd)