150 Orang Positif COVID-19 dari Penyekatan Suramadu Dirawat di RSLI

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 15:49 WIB
Penyekatan di Jembatan Suramadu digelar di dua sisi yakni sisi Bangkalan dan Surabaya. Hingga saat ini ada 150 warga yang dinyatakan positif COVID-19 melalui swab PCR.
Radian Jadid, selaku Ketua Relawan Pendamping RSLI (kanan)/Foto: Faiq Azmi/detikcom
Surabaya -

Penyekatan di Jembatan Suramadu digelar di dua sisi yakni sisi Bangkalan dan Surabaya. Hingga saat ini ada 150 warga yang dinyatakan positif COVID-19 melalui swab PCR.

Semua warga yang positif COVID-19 itu akan dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Seperti yang disampaikan Radian Jadid, selaku Ketua Relawan Pendamping RSLI.

"Hingga siang ini ada 30 pasien positif COVID-19 hasil penyekatan di Suramadu. Sore nanti, 120 pasien positif COVID-19 hasil penyekatan Suramadu akan datang di RSLI," ujar Jadid saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (8/6/2021).

Jadid memastikan, 120 pasien yang akan datang ke RSLI telah dinyatakan positif COVID-19 melalui swab PCR. "Saat ini masih proses administrasi. Nanti bertahap, mereka mayoritas dari Madura," terangnya.

Hingga Selasa (8/6), jumlah pasien yang dirawat di RSLI sebanyak 132. Bed yang tersedia di RSLI sebanyak 400. Masih tersisa 268 bed di RSLI.

Sebelumnya, 25 dari 30 pasien yang positif dan dirawat di RSLI diduga terpapar varian baru Corona. Penanggung jawab RSLI Surabaya Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Nalendra Djaya Iswara mengatakan, dugaan ini karena hasil CT Value dari 25 pasien berada di bawah 25.

"Pasien kita dari Bangkalan sudah 30 orang. Yang 25 CT value-nya di bawah 25, yang 5 orang di bawah 32," papar Nalendra saat dihubungi detikcom di Surabaya.

"Karena ada PMI (TKI) yang kita curigai yang membawa PMI yang hasilnya negatif langsung pulang ke Bangkalan. Dugaan kita ke arah situ karena penyebarannya begitu cepat, membawa angka kematian cukup banyak dan juga kecepatannya itu di bawah 48 jam angka kematiannya cukup tinggi, berisiko sekali," imbuh Nalendra.

Tonton Video: 1 Warga Positif Covid-19 Kabur ke Surabaya Saat Penyekatan Suramadu

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)