Lapan Pasuruan Sebut Kilatan Cahaya di Gunung Raung Bukan Meteor

Muhajir Arifin - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 12:42 WIB
Kabar duka menyelimuti dunia kedokteran di Surabaya. Ketua Tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu Rumah Sakit Umum (RSU) dr Soetomo, dr Agus Harianto SpA (K) meninggal dunia.
Kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung/Foto: Istimewa (dok.PPGA Raung)
Pasuruan -

Kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung masih menjadi misteri. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pasuruan memastikan itu bukan meteor.

"Analisa dari Lapan untuk sementara itu jelas bukan meteor karena dari tangkapan citra satelit Himawari, BMKG, itu kejadiannya terlihat di pukul 19.20 WIB dan 19.50 WIB. Jadi kalau meteor kan tidak mungkin ada perulangan," kata Kepala Lapan Pasuruan, Dian Yudha Risdianto, Sabtu (5/6/2021).

Meski demikian, pihaknya belum memastikan sumber kilatan cahaya yang disebut terekam CCTV itu. Yang pasti, kata Dian, sampai saat ini belum ada informasi dari lembaga-lembaga terkait ada meteor jatuh.

"Dari data google map, jarak dengan permukiman terdekat 19 km, kemungkinan warga juga tak melihat. Jadi untuk detailnya memang diperlukan rekaman CCTV," terangnya.

"Yang pasti, Lapan memastikan itu bukan meteor," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ada kilatan cahaya yang terekam di atas Gunung Raung. Cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung. Kilatan cahaya tersebut terekam pada Jumat (4/6/2021) sekitar pukul 19.51 WIB.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo membenarkan adanya kilatan cahaya di atas Gunung Raung. "Memang benar ada kilatan di atas Gunung Raung. Itu terekam dalam CCTV kami," ujarnya.

Tonton juga Video: Kilatan Cahaya Mirip Meteor Jatuh di Puncak Merapi

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)